MEMBANGUN KEPERCAYAAN MELALUI KOMUNIKASI SYARIAH DALAM DUNIA BISNIS
Keywords:
Komunikasi, Kepercayaan.Abstract
Kepercayaan dapat menjadi komponen penting dalam membangun hubungan perdagangan yang layak, terutama dalam komunitas yang mempertahankan nilai-nilai ketaatan yang kuat. Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaimana prinsip-prinsip komunikasi yang sesuai dengan syariah dalam usaha Seblak Mamah Saleh dan bagaimana komunikasi tersebut berkontribusi dalam membangun dan menjaga kepercayaan klien. Penelitian ini menggunakan pendekatan subjektif dengan menggunakan strategi studi kasus, termasuk mengkoordinasikan persepsi, wawancara mendalam. Penemuan ini mengungkap bahwa Seblak Mamah Saleh menerapkan standar utama komunikasi Islam, seperti kejujuran (ṣidq), kepercayaan (amānah), dan transparansi. Dalam menyampaikan data dan kemajuan. Hal-hal ini tidak hanya menumbuhkan hubungan yang baik antara perdagangan dan kliennya, tetapi juga memperkuat pengabdian klien melalui penegasan nilai-nilai ketaatan yang kuat. Hal ini menekankan bahwa komunikasi berbasis syariah dapat berfungsi sebagai metodologi yang menarik untuk membangun kepercayaan dalam perdagangan, terutama di dalam komunitas Muslim. Artikel ini berkontribusi pada tulisan yang berkembang tentang komunikasi perdagangan Islam dan menawarkan pengetahuan yang membumi bagi UKM yang ingin membangun keunggulan kompetitif melalui pendekatan berbasis nilai-nilai islam.
Downloads
References
1. Al-Qaradawi, Y. (1995). Etika Islam. Gema Insani.
2. Effendy, O. U. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3. Erwan Iskandar, E. S. (2024). Komunikasi Bisnis Syariah: Membangun Relasi Bisnis Berdasarkan Prinsip-Prinsip Islam. Jambak, 145-147.
4. Hasan, M.Ali (2011). Manajemen Komunikasi Dakwah. Jakarta: Kencana .
5. Muhammad, Abdullah. (2004). Etika Bisnis dalam Islam. Yogyakarta: Gema Insani Press.
6. Suwandi, J. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran pada UMKM di Era Digital. Ekonomi dan Bisnis Islam, 45-58.
7. Observasi lapangan Seblak MAmah Saleh, 25-26 Mei 2025