PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN LAYANAN CUSTOMER: STUDI KASUS PT TOKOPEDIA

Authors

  • Firdhan Rizky Adryandra UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Gina Zahra Ainurrahmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Teknologi Komunikasi, Tokopedia, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas, E-commerce, Cloud, Pembelajaran Mesin

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan teknologi komunikasi oleh Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan kesetiaan pelanggan. Teknologi komunikasi memainkan peran kunci dalam mendukung operasi perusahaan, mempercepat aliran informasi, dan menciptakan interaksi yang efisien antara platform, penjual, dan pembeli. Tokopedia menggunakan berbagai teknologi mutakhir seperti GraphQL, pemrograman awan dari Google Cloud, serta pembelajaran mesin untuk meningkatkan efektivitas dan personalisasi layanan. Teknologi komunikasi yang diterapkan tidak hanya mempercepat kinerja sistem, tetapi juga membantu dalam verifikasi identitas secara otomatis, meningkatkan respons dari layanan pelanggan, dan meningkatkan keamanan transaksi. Akibatnya, kepuasan dan kesetiaan pelanggan meningkat melalui layanan yang cepat, tepat, dan dapat diandalkan. Lebih jauh, teknologi ini juga berguna dalam strategi promosi, kerjasama internal, dan keputusan yang didasarkan pada data. Dengan demikian, teknologi komunikasi menjadi landasan utama dalam menjaga daya saing Tokopedia di dunia digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Afrida, R., Yacob, S., & Sari, N. (2020). Membangun loyalitas pelanggan melalui kualitas produk dan citra merek (studi pada pelanggan Oppo Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 8(1), 7–16. https://doi.org/10.22437/jdm.v8i1.16829

2. Lasalimu, S., Milang, I., & Djalamang, Z. J. P. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pada Toko Irma Jaya Kecamatan Taliabu Utara: The Effect Of Customer Satisfaction On Loyalitas At The Irma Jaya Store Taliabu Utara District. Jurnal Ilmiah Produktif, 10(1), 16.

3. Roynaldus A. K. Agung, Antonius Philipus Kurniawan, & Paulus Juru. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere. Jurnal Projemen UNIPA, 9(2), 18–31. https://doi.org/10.59603/projemen.v9i2.42

4. Shierly, G., Nugroho, A., & Rismayanti, S. A. (2024). Manfaat Perkembangan Teknologi Komunikasi untuk Kualitas Komunikasi Antar Individu. 1166–1177.

5. Sucahya, M. (2013). Teknologi Komunikasi Dan Media. Teknologi Komunikasi Dan Media, 2(1), 6–21.

6. Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174

7. Wiranti, R., Eka Saputra, R., Faturahman Firdaus, A., Firdaus, E., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bisnis Berbasis E-Commerce Tokopedia. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 1–8.

8. Yasuda, R., & Augustine, G. J. (2008). Optogenetic probes. Brain Cell Biology, 36(1–4), 1–2. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check