PERAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI BISNIS DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PERUSAHAAN UMKM CIMOL BOJOT AA
Keywords:
Cimol Bojot Aa; Instagram; Komunikasi Bisnis; Media Sosial; PenjualanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran media sosial Instagram sebagai media komunikasi bisnis dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Cimol Bojot Aa. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi langsung pada akun Instagram Cimol Bojot Aa serta aktivitas promosi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berperan signifikan dalam membangun citra merek dan menarik perhatian konsumen, meskipun tidak secara langsung meningkatkan volume penjualan secara signifikan. Fitur seperti Instagram Stories dan Reels dinilai efektif untuk menciptakan interaksi dan loyalitas pelanggan. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan dalam pengiriman produk dan konsistensi dalam produksi konten. Meskipun demikian, media sosial ini dinilai layak untuk dipertahankan karena memiliki kontribusi besar terhadap eksistensi dan popularitas usaha di era digital.
Downloads
References
1. Arifin, R. D. (2023). Pengertian Instagram beserta Sejarah, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dll. Diakses dari https://dianisa.com/pengertian-instagram/
2. Armayani, R. R., Tambunan, L. C., & Siregar, R. M. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920-8928.
3. Diem, D. A., & Yulianti, W. (2020). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Akun Instagram @Kaosdisablon di CV. Purwa Satya). Jurnal Teknologika, 10(2), 77-83.
4. Fai. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Adalah. Diakses dari https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/
5. Khairunnisa, R. N. (2021). Mangkok Manis, Dessert Unik dengan Batok Kelapa. Diakses dari https://pingpoint.co.id/berita/mangkok-manis- dessert-unik-dengan-batok-kelapa/
6. Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 12963.
7. Mardiana, A. (2022). Melirik Peluang Usaha di Bidang Kuliner Makanan Ringan dan Berat. Diakses dari https://katadata.co.id
8. Prawiro, M. (2018). Pengertian Media Sosial Secara Umum, Fungsi, Tujuan, Jenis Sosmed. Diakses dari https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertia n-media-sosial.html
9. Priharto, S. (2019). Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Teknik, dan Jenisnya. Diakses dari https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-komunikasi-bisnis/
10. Utami, S. N. (2021). Penjualan: Pengertian Para Ahli, Bentuk, Jenis, dan Tujuan. Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/27/131616269/
11. Wardani, A. S. (2021). Pengguna Internet Dunia Tembus 4,66 Miliar. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4469008/