KEPEMIMPINAN ETIS SEBAGAI STRATEGI TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM KONVENSIONAL DAN SYARIAH

Authors

  • Yulistiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Kepemimpinan Etis, Strategi Transformasional, UMKM Konvensional, UMKM Syariah

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor strategis dalam perekonomian Indonesia yang berkontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, UMKM menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam aspek kepemimpinan dan pengembangan budaya organisasi yang mendukung keberlanjutan usaha. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan kepemimpinan etis sebagai strategi transformasional. Kepemimpinan etis dianggap mampu membangun budaya organisasi positif, meningkatkan motivasi karyawan, serta loyalitas pelanggan sehingga mendorong pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan etis dalam meningkatkan daya saing UMKM konvensional dan syariah di Indonesia dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi literatur dari berbagai sumber akademik dan laporan resmi. Hasil kajian menunjukkan bahwa UMKM konvensional lebih menitikberatkan pada efisiensi dan profitabilitas, sedangkan UMKM syariah berlandaskan prinsip kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab sosial sesuai nilai Islam. Kesimpulannya, kepemimpinan etis sebagai strategi transformasional dapat meningkatkan daya saing UMKM dengan menyesuaikan karakteristik dan nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing jenis UMKM. Studi ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan UMKM di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aprilia, F. (2024). Rahasia Sukses UMKM: Strategi untuk Meningkatkan Profitabilitas Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Rahasia Sukses UMKM: Strategi untuk Meningkatkan Profitabilitas”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/farillaaprillia1625/67543. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/farillaaprillia1625/67543c56c925c466d131e022/rahasia-sukses-umkm-strategi-untuk-meningkatkan-profitabilitas

2. Damayanti, I., Rialdy, N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2024). MODEL MANAJEMEN BISNIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DAYA. 1(2), 197–202.

3. Darmalaksana, W. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

4. Ekonomi, E. J., Bisnis, M., Putri, P. L., & Widadi, B. (2024). Analisis Srtrategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas UMKM Aspikmas Kabupaten Banyumas Pendahuluan. 8(2), 74–81.

5. Gunawan, A., Mahesa, M., & Nusantara, D. (2025). Implementasi Ajaran Islam dalam Praktik Bisnis Etis pada Usaha Mikro dan Menengah Muslim Implementation of Islamic Teachings in Ethical Business Practices in Muslim Micro and Medium Enterprises. 2(1), 1–11.

6. Maharani, S. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Syariah dalam Ilmu Manajemen Modern. Retizen. https://retizen.republika.co.id/posts/518586/integrasi-nilai-nilai-syariah-dalam-ilmu-manajemen-modern

7. Muaalif. (2024). UMKM: Tulang Punggung Ekonomi Indonesia, Tantangan, dan Kebijakan Pemerintah untuk Pertumbuhan. Universitas Islam Nur Lampung. https://an-nur.ac.id/umkm-tulang-punggung-ekonomi-indonesia-tantangan-dan-kebijakan-pemerintah-untuk-pertumbuhan/?utm_source

8. Presiden RI. (2014). UU RI No.40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Www.Ojk.Go.Id, 1–46. https://www.ojk.go.id/Files/201506/1UU402014Perasuransian_1433758676.pdf

9. Ramadhan, M. R. (2025). Pengaruh Kepemimpinan , Inovasi , dan Sumber Daya terhadap Keberhasilan Strategi Bisnis. 2(4), 148–155.

10. Rofifah, F. N. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kepemimpinan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini). http://repository.ub.ac.id/165494/%0Ahttp://repository.ub.ac.id/165494/1/Farah Nadia Rofifah.pdf

11. Setiyorini, N. (2020). Analisis Gaya Kepemimpinan Perspektif Ekonomi Islam Pada Umkm Pengrajin Tas Ud Grafika Ponorogo. Skripsi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10718/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/10718/1/NUNING SETIYORINI.pdf

12. Ughulu, J. (2024). Ethical Leadership in Modern Organizations: Navigating Complexity and Promoting Integrity. International Journal of Economics, Business and Management Research, 08(05), 52–62. https://doi.org/10.51505/ijebmr.2024.8505

13. Yukl, G. A. (2012). Leadership in Organizations (edition 7). Pearson Education.

14. Zhu, J., Zhi, W., & Fang, Y. (2025). Ethical leadership, organizational learning, and corporate ESG performance: A moderated mediation model. International Review of Economics and Finance, 98(February), 103966. https://doi.org/10.1016/j.iref.2025.103966

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check