PERAN KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN: STUDI KASUS BILIK SEHAT BEKAM PIJAT

Authors

  • M Akmal Arrahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Akmal Abdurahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Dr. Suhendi, S.Sos., M.Sos., MM UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Etika Bisnis, Keyakinan Pelanggan

Abstract

Dengan menggunakan studi kasus pada ruang bekam pijat sehat, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana komunikasi bisnis syariah dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sangat penting untuk memahami bagaimana etika yang didasarkan pada nilai-nilai Islam mempengaruhi persepsi dan perilaku pelanggan, mengingat perkembangan ekonomi syariah di Indonesia semakin cepat.  Untuk menemukan hubungan antara penerapan etika bisnis syariah dan loyalitas konsumen, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menganalisis literatur yang relevan.  Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kepuasan konsumen meningkat dengan komunikasi bisnis syariah yang menekankan kejujuran, transparansi, dan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, komunikasi bisnis syariah sangat penting untuk membangun hubungan jangka panjang dan reputasi baik dengan konsumen. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

What Does Islam Say About Corporate Social Responsibility ( CSR )? Author :” Review Literature And Arts Of The Americas 12(1):1–28.

2. Ishak, Khodijah. 2014. “Maqashid Syari’Ah Dan Maslahah Dalam Dan Bisnis Syari’Ah.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Kita 659–73.

3. Mashudi, Mashudi. 2018. “Perilaku Dan Budaya Konsumen Madura Dalam Dinamika Etika Bisnis Syariah.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 4(2):133–49. doi: 10.35309/alinsyiroh.v4i2.144.

4. Nasir, Munawir. 2019. Etika Dan Komunikasi Dalam Bisnis. 1st ed. edited by A. Kahar Muzakir. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn).

5. Purwanto, Djoko. 2011. Komunikasi Bisnis. 4th ed. Jakarta.

6. Romli, Khomsahrial. 2014. Komunikasi Organisasi Lengkap. 2nd ed.

7. Vardhani, Nabilla Kusuma, and Agnes Siwi Purwaning Tyas. 2019. “Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing.” Jurnal Gama Societa 2(1):9. doi: 10.22146/jgs.40424.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check