FIQH LEMBAGA BISNIS SYARIAH

Authors

  • Muhammad Zacky Hermawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Putri Dina Amelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Tya Triyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Iwan Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Nema Widiantini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Fiqh, Bisnis, Ekonomi, Syariah

Abstract

Perkembangan usaha masa kini telah mendorong munculnya berbagai institusi ekonomi yang harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, terutama di kalangan masyarakat muslim. Penelitian mengenai fiqh lembaga ekonomi syariah sangat penting agar praktik bisnis berlangsung tidak hanya secara legal dan ekonomis, melainkan juga sejalan dengan nilai-nilai etika Islam. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi pustaka untuk mengkaji penerapan fiqh dalam berbagai institusi bisnis syariah, termasuk sektor pariwisata, perhotelan, rumah sakit, dan pemasaran. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa fiqh lembaga bisnis syariah berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadis, serta mengedepankan prinsip keadilan, kejujuran, transparansi, dan tanggung jawab sosial. Dalam sektor pariwisata dan perhotelan syariah, penerapan fiqh terlihat dari pemilihan lokasi, kualitas pelayanan, makanan halal, dan pengelolaan gender. Rumah sakit syariah mengadopsi maqashid syariah sebagai dasar operasional untuk memastikan pelayanan medis yang profesional dan Islami. Di sisi lain, pemasaran syariah menekankan pada nilai-nilai etika, seperti kejujuran (shiddiq), kecerdasan (fathanah), dan keterbukaan (amanah). Kesimpulan dari kajian ini adalah bahwa penerapan fiqh dalam lembaga bisnis syariah tidak hanya dianggap penting sebagai pedoman normatif, tetapi juga sebagai strategi untuk mencapai keberkahan, keseimbangan, dan keadilan dalam sistem ekonomi Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Alibia, A. (2022). Konsep Hotel Syariah Dalam Perspektif Fiqh Islam Kontemporer. IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Hukum Ekonomi Syariah, 1(1), 1-12.

2. Alwi, M., & Sugianto, S. (2023). Pelaksanaan Akad Ijarah Dalam Sewa-Menyewa Kamar Hotel Pada Hotel Syariah Al-Jayri Medan. AL-MULTAZIM: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 298-310.

3. Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran syariah: teori, filosofi & isu-isu kontemporer.

4. Huda, N., Hudori, K., Fahlevi, R., Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. Kencana.

5. Intan, N., 2018, Rumah Sakit Syariah Belum Jadi Pilihan Utama Masyarakat, akses online 24 mei 2025, URL: https://ekonomi.republika.co.id/berita/p72v7b415/rumah-sakit-syariah-belum-jadi-pilihan-utama-masyarakat#:~:text=REPUBLIKA.CO.ID%2CJAKARTA%20--%20Asosiasi%20Pengusaha%20Muslim%20menilai%20perkembangan%20rumah,layanan%20rumah%20sakit%20berbasis%20syariah%20belum%20cukup%20memadai

6. Misno, A. (2018). Analisis Praktik Pariwisata Syariah Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(02), 135-155.

7. Mulyani, S., Saiban, K., & Munir, M. (2022). Pengembangan hotel syariah dalam tinjauan ekonomi islam dan maqashid syariah. Jurnal Mu'allim, 4(2).

8. Nikmah, S., 2019, Tugas Akhir: KONSEP RUMAH SAKIT SYARIAH DAN IMPLEMENTASINYA DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN, PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, SURABAYA.

9. Nurul, N., Arya, T., Yasmin, Z., Mulyawan, S., & Pratiwi, E. N. (2024). FIQH LEMBAGA BISNIS SYARIAH. Gunung Djati Conference Series (pp. 418-424). Bandung: Gunung Djati Conference Series.

10. Pahruroji, P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 221-230.

11. Pelu, I. E. A., Kurniawan, R., & Akbar, W. (2020). Pariwisata syariah pengembangan wisata halal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

12. Putra, P., & Hasbiyah, W. (2018). Teori dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: PT RajaGrafindo Persada .

13. Prakkasi, I. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital. Bogor: Lindan Bestari.

14. Putrisarira, Dkk. (2023). ETIKA DALAM PEMASARAN SYARIAH. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

15. Sari, R. P., Kosim, A. M., Arif, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2018). PENGARUH ETIKA PEMASARAN ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH. 9(2), 131–146.

16. Siska Mandalia, S. S. (2023). Pengantar Bisnis dan Industri Pariwisata Syariah. Penerbit K-Media.

17. Sulistiadi, W. S., & Rahayu, S. R. (2017). Potensi Penerapan Maqashid Syariah Dalam Rumah Sakit Syariah di Indonesia. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1), 683-690.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check