PERAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM DISRUPSI EKONOMI CHINA DI INDONESIA
Keywords:
Komunikasi Bisnis, Diversifikasi Pasar, Rantai Pasokan, Strategi Bisnis, Ketahanan Ekonomi.Abstract
Studi ini mengkaji peran komunikasi korporat dalam memitigasi dampak guncangan ekonomi Tiongkok terhadap perekonomian Indonesia. Sebagai mitra dagang terbesar Indonesia, perlambatan ekonomi Tiongkok—yang disebabkan oleh perang dagang, pandemi, dan krisis real estat—telah menyebabkan gangguan rantai pasokan, penurunan permintaan ekspor, dan pergeseran pola investasi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif, studi ini mengkaji respons strategis pelaku bisnis Indonesia, seperti diversifikasi pasar dan produk, digitalisasi proses bisnis, dan efisiensi operasional. Hasilnya menunjukkan bahwa komunikasi korporat yang efektif sangat penting untuk membangun kepercayaan dan menjaga kesinambungan hubungan bisnis lintas batas. Studi ini menyoroti pentingnya adaptasi strategis oleh perusahaan untuk menjaga ketahanan ekonomi nasional dalam menghadapi ketidakpastian global.
Downloads
References
1. Misnan, M., & Barizki, R. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku Umkm. . WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 226-241.
2. Nafisa, S. (2023). Penerapan Disruptive Innovasion Dalam Persiapan Menghadapi Resei Ekonomi 2023. osf.io, 3.
3. Raainaa, N. (2024). ANALISIS DISRUPSI EKONOMI DALAM ERA DIGITAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERUBAHAN PROSES BISNIS,TRANSFORMASI KEUANGAN, SERTA TANTANGAN REGULASI. jurnalhst.com, 7.
4. Rondanuwu , R. (2017). Bahan Kuliah Komunikasi Bisnis. Bandung: Intrans Publishing.
5. Suyani, E., & Evi, Z. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Menerapkan Program Corporate Social Responsibility. . Jurnal Warta , 1-35.
6. Yustini, S., & Moerto, S. (2018). Materi Pokok Komunikasi Bisnis . Bandung: Alpha Book Publisher.