DARI TRIBUN KE STRATEGI: PERAN KOMUNIKASI SUPORTER DAN MANAJEMEN DALAM MODEL BISNIS SEPAK BOLA UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN KLUB SEPAK BOLA PERSIB BANDUNG
Keywords:
Manajemen, Komunikasi, Bobotoh, Persib BandungAbstract
Studi ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana hubungan timbal balik antara suporter (Bobotoh) dan manajemen Persib Bandung berpengaruh dalam pembentukan kerangka bisnis untuk klub sepak bola profesional. Dengan memakai metode studi kasus kualitatif, riset ini memakai cara wawancara mendalam, observasi melalui platform media sosial, serta evaluasi arsip resmi klub. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa adanya komunikasi dua arah antara Bobotoh dan manajemen memiliki pengaruh besar dalam membentuk kesetiaan, taktik promosi, dan pembuatan kebijakan dalam ranah bisnis klub. Dialog yang tanggap, merangkul semua pihak, serta berarti dapat memperkuat peran serta para suporter, yang selanjutnya memberikan efek pada pertumbuhan keuangan klub, termasuk dalam penjualan pernak-pernik, jumlah penonton di stadion, serta nilai dukungan sponsor. Riset ini menggarisbawahi bahwa dalam ranah sepak bola di Indonesia, komunikasi yang dikelola dengan baik dapat berfungsi sebagai jembatan antara jati diri budaya penggemar dan kelangsungan usaha klub.
Downloads
References
1. Adam, A. R., & Ali, D. S. F. (2021). Strategi komunikasi pemasaran Persib Bandung dalam membangun brand image sebagai klub sepak bola profesional. eProceedings of Management. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14870
2. Arifin, M., & Djuwita, A. (2021). Peran Public Relations Klub Sepak Bola Persib Bandung Dalam Mempertahankan Citra Melalui Media Sosial Instagram @persib_official. eProceedings of Management. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14859
3. Fikri, R. (2022). Wacana kekerasan suporter sepakbola di media: Studi pada Kompas.com dalam berita kematian Haringga Sirla. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40706
4. Perdana, K. E. (2020). Managemen public relations PT. Persib Bandung Bermartabat di Twitter dalam mempertahankan citra perusahaan klub sepakbola. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi. http://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2130
5. Rahendra, I. G. P. D. G., & Apriwan, F. (2021). Globalisasi Budaya Pada Pembentukan Fanatisme Kelompok Suporter North Side Boys 12 Terhadap Klub Bali United FC. Universitas Brawijaya. http://repository.ub.ac.id/188297/
6. Satwika, J. B., Sulistyani, H. D., & Rahmiaji, L. R. (2024). Negosiasi Identitas Perempuan Penggemar Sepak Bola. Interaksi Online. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/47417
7. Wibowo, S. C., & Wijaya, L. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT Indaco Warna Dunia Dalam Mempromosikan Produk Cat melalui komunitas Persib Bandung. Jurnal Komunikasi Universitas Garut. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/1929
8. Ansori, R. (2025). Pembingkaian berita Bobotoh Persib vs Steward pada berita Pikiran-Rakyat.com: Analisis Framing Robert N. Entman. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/106656/
9. Fauzi, A., Muchtar, K., & Fuad, A. (2023). Strategi Marketing Public Relations Persib Bandung melalui program sponsorship. Reputation: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/26431
10. Hidayatulloh, R. I. (2021). Pengelolaan media komunitas guna menyuarakan kepentingan suporter klub sepakbola lokal. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36072
11. Muchtar, K., & Fuad, A. (2023). Strategi marketing public relations Persib Bandung melalui program sponsorship. Reputation: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/26431