EKSPLORASI PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP EFISIENSI BIAYA PENDIDIKAN DAN KUALITAS PENGANGGARAN DI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Keywords:
Efisiensi Biaya Pendidikan, Kualitas Penganggaran, Persepsi Mahasiswa, Transparansi, UIN Sunan Gunung Djati BandungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melihat efektivitas biaya pendidikan dan kualitas anggaran. Transparansi dalam pengelolaan anggaran dan efektivitas biaya pendidikan merupakan komponen penting dalam memberikan pendidikan tinggi berkualitas tinggi. Lima mahasiswa dari berbagai fakultas. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Pendidikan dan Keguruan, Dakwah dan Komunikasi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Syariah dan Hukum. diwawancarai secara mendalam sebagai bagian dari studi kualitatif ini. Wawancara terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data, dan metode analisis tema digunakan untuk analisis. Menurut temuan penelitian, mayoritas siswa memiliki pendapat yang baik tentang sistem kampus untuk mendanai pendidikan; Namun, masalah dengan keterbukaan manajemen anggaran dan permintaan akan fasilitas yang lebih baik tetap ada. Siswa menginginkan keterlibatan siswa yang lebih besar dalam proses pengawasan anggaran dan berbagi informasi yang lebih baik tentang distribusi anggaran. Dalam rangka meningkatkan efisiensi keuangan dan kualitas penganggaran yang sensitif terhadap kebutuhan mahasiswa, manajemen perguruan tinggi dapat memperoleh manfaat besar dari wawasan yang ditawarkan penelitian ini.
Downloads
References
1. Bank, W. (2018). Learning to realize education's promise: World development report 2018.
2. Boex, J. M.-V. (2021). Public financial management and budgeting reforms in developing countries. Edward Elgar Publishing.
3. Creswell, J. W. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications. .
4. Dewi, S. P. (2019). Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan perguruan tinggi negeri. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesi, 16(2), 234-251. .
5. Hanushek, E. A. (2017). School resources and student achievement: A review of cross-country economic research. In Cognitive abilities and educational outcomes , (pp. 149-171). Springer. .
6. Knight, J. (2018). The ethics of educational efficiency. Harvard Education Press. .
7. Locke, W. V. (2021). Counting what is measured or measuring what counts? League tables and their impact on higher education institutions in Englan. Universities UK. .
8. McCowan, T. (2016). Universities and the post-2015 development agenda: An analytical framework. Higher Education, 72(4), 505-523. .
9. OECD. (2019). ducation at a glance 2019: OECD indicators. OECD Publishing. .
10. Ramli, A. S. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap value for money pendidikan tinggi: Studi kasus pada perguruan tinggi negeri di Medan. Jurnal Pendidikan Tingg, 15(3), 145-162. .
11. Salmi, J. (2017). The tertiary education imperative: Knowledge, skills and values for development. Brill Sense. .
12. Tight, M. (2019). Higher education research: The developing field. Bloomsbury Academic.
13. UNESCO. (2020). Global education monitoring report 2020: Inclusion and education - All means all. UNESCO Publishing.
14. Yudof, M. G. (2021). Educational policy and the law (6th ed.). Cengage Learning.