STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH DALAM MEMBANGUN REPUTASI PERUSAHAAN HALAL
Keywords:
Komunikasi bisnis syariah, Strategi komunikasi, Reputasi, Perusahaan halal, nilai IslamAbstract
Perkembangan industri halal yang pesat di Indonesia mendorong perusahaan untuk tidak hanya mematuhi standar kehalalan produk, tetapi juga membangun reputasi yang kuat di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi bisnis syariah diterapkan dalam membentuk dan memperkuat reputasi perusahaan halal. Pendekatan yang digunakan adalah studi literatur, dengan mengkaji berbagai jurnal, artikel ilmiah, dan sumber pustaka terkait komunikasi bisnis, prinsip-prinsip syariah, serta manajemen reputasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi berbasis nilai-nilai Islam seperti sidq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan informasi dengan benar), dan fathanah (bijaksana) berkontribusi positif terhadap persepsi publik terhadap integritas dan kredibilitas perusahaan. Strategi komunikasi yang dilakukan melalui media sosial, label halal, testimoni pelanggan, serta edukasi publik terbukti mampu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan demikian, penerapan strategi komunikasi yang sesuai syariah menjadi faktor penting dalam membangun reputasi jangka panjang bagi perusahaan halal.
Downloads
References
1. Aisi, S. R. (2023). Analisis keberhasilan produk makanan halal: Dinamika sertifikasi halal produk Samyang di Indonesia. Journal of Halal Industry Studies, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.53088/jhis.v2i1.563
2. Al Anshari, & Jaharuddin Jaharuddin. (2025). Kewirausahaan Yang Beretika: Peran Akhlak Islami Dalam Membangun Kepercayaan dan Keberlanjutan. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 3(1), 206–216. https://doi.org/10.61132/menawan.v3i1.1133
3. Ansori, I., Deden Mulyana, H., & Abdullah, Y. (2023). KETERLIBATAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS (Survei pada Pelanggan Plaza Asia Tasikmalaya). 21(1).
4. Erwan Iskandar, & Eman Sulaiman. (2024). Komunikasi Bisnis Syariah: Membangun Relasi Bisnis Berdasarkan Prinsip-Prinsip Islam. Jurnal Riset Manajemen, Bisnis, Akuntansi Dan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.58468/jambak.v3i1.104
5. Fakhri Muhammad, A. (n.d.). Membangun Etika Bisnis Islami: Refleksi atas Nilai Kejujuran, Amanah, dan Ihsan. https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/jekis
6. Firdaus, K., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Singaperbangsa Karawang, U. (2024). ANALISIS DAMPAK BUDAYA PEMASARAN RELIGIUS TERHADAP RAMADHAN EFFECT. In Communnity Development Journal (Vol. 5, Issue 4).
7. Humas Indonesia. (2024, June 15). Mengulas 4 Prinsip Dasar Manajemen Krisis. Humas Indonesia.
8. Karangpuang. (2024). 55221120050-Nawfalsky Bagis Muhammad Karangpuang-01 Cover - Nawfalsky Bagis.
9. Lutfi, A., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2004). PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA DAN KESADARAN MEREK TERHADAP MINAT BELI (STUDI KASUS PADA CALON KONSUMEN Ai-CHA CILEDUG) SKRIPSI Program Studi: Manajemen Strata-1 OLEH.
10. Masitah, Puspita, E. A., & Wiriani, E. (2024). Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sertifikasi Halal Gratis melalui Mekanisme Self-Declare. Jurnal EMT KITA, 8(4), 1665–1688. https://doi.org/10.35870/emt.v8i4.3389
11. Muna, & Fikriyah. (n.d.). Revisi_Arina+Nailil+Muna_Pengaruh+Labelisasi+Halal+dan+Kualitas+Pelayanan+terhadap+Loyalitas+Pelanggan+pada+Restoran+Ta+Wan+di+Kota+Surabaya.
12. Prima Putra, F., Kusnawan, A., Manajemen Dakwah, J., Dakwah dan Komunikasi, F., & Sunan Gunung Djati, U. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Sertifikasi Halal MUI. In Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah (Vol. 6).
13. Rachman, M. (2022). SEBAGAI VARIABEL MODERASI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi pada Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung) Skripsi INES ISRAITA NURBAITI NPM : 1951040083.
14. Rahmawati, O. D., Fitria, N., & Mujab, S. (2023). STRATEGI MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS MCDONALD’S INDONESIA YANG TERKENA IMBAS INFORMASI HOAKS FATWA MUI TERKAIT HARAMNYA MEMBELI PRODUK ISRAEL. In Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (Vol. 2985, Issue 6). http://jurnal.kolibi.org/index.php/kultura
15. Sabrina, L., & Astuti, M. (2025). Penerapan Etika Bisnis Islam, Inovasi Produk, Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM Di Banjarnegara. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 5(1).
16. Sholeha, E., Imron, M., Chotib, M., Suharto, B., Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Alamat, U., Mataram No, J., Miuwo, K., Kaliwates, K., Jember, K., Timur, J., & Penulis, K. (2024). PT. Media Akademik Publisher PERAN INFLUENCER MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN ISLAMI Oleh. JMA), 2, 3031–5220. https://doi.org/10.62281
17. Wardah, A., Ach Bakhrul Muchtasib, dan, Studi Sarjana Terapan Keuangan, P., Syariah, P., Akuntansi, J., & Negeri Jakarta, P. (n.d.). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal Melalui Online Food Delivery.