PERAN STRATEGI GAYA KOMUNIKASI DALAM NEGOSIASI GLOBAL: MEMBANGUN KEPERCAYAAN PADA KEMITRAAN BISNIS INTERNASIONAL
Keywords:
Komunikasi, Strategi Negosiasi, Kepercayaan Bisnis, Kemitraan Internasional, Negosiasi Lintas Budaya.Abstract
Semakin berkembang pesatnya bisnis modern dalam era globalisasi, membawa pemahaman mendalam terhadap strategi gaya komunikasi negosiasi dalam keberhasilan kemitraan bisnis internasional, terutama dalam menghadapi tantangan negosiasi lintas budaya yang sering kali terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi gaya komunikasi negosiasi yang efektif dalam membangun kepercayaan pada kemitraan bisnis internasional. Studi ini juga menunjukkan bahwa gaya komunikasi yang efektif, termasuk kemampuan untuk mendengarkan, beradaptasi dengan budaya mitra dan membangun hubungan interpersonal, berkontribusi secara signifikan untuk mencapai kesepakatan bersama. Melalui metode pendekatan studi literatur mendalam dari berbagai sumber tepercaya, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian yang relevan dengan komunikasi lintas budaya, negosiasi internasional, dan gaya komunikasi, telah ditemukan hasil penelitian bahwa gaya komunikasi yang adaptif, empatik, dan berbasis pada pemahaman budaya lokal sangat berpengaruh terhadap proses negosiasi. Pengetahuan ini memberikan temuan penting bagi para praktisi bisnis dalam merancang strategi negosiasi yang lebih baik di pasar global dan menyoroti pentingnya pelatihan komunikasi untuk tim negosiasi. Penelitian ini diharapkan akan dirujuk oleh para sarjana dan praktisi dalam mengembangkan pendekatan komunikasi yang lebih efektif dalam konteks global.
Downloads
References
1. Brett, J. M. (2007). Negotiating globally: How to negotiate deals, resolve disputes, and make decisions across cultural boundaries. John Wiley & Sons. Diambil dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=6_8W6YYb9OcC&oi=fnd&pg=PR7&dq=Brett,+JM+(2007)&ots=ISMS4LQ8Hx&sig=3rMCWlrV7LS1BACBluWaY8Sx1gQ
2. Doney, P. M., & Cannon, J. P. (1997). An examination of the nature of trust in buyer–seller relationships. Journal of marketing, 61(2), 35-51. Diambil dari https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/002224299706100203
3. Fisher, R., Ury, W. L., & Patton, B. (2011). Getting to yes: Negotiating agreement without giving in. Penguin. Diambil dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=W89fHCJZrcwC&oi=fnd&pg=PR3&dq=Fisher,+R.,+%26+Ury,+W.+(2011)&ots=a_smNG3OPt&sig=D-Ef9cp1cq1sSnQ9sdhKySPjGj8
4. Ghauri, P. N., & Usunier, J. C. (Eds.). (2003). International business negotiations. Emerald Group Publishing. Diambil dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=YdLV7JpM-90C&oi=fnd&pg=PR9&dq=Ghauri,+P.+N.,+%26+Usunier,+J.+C.+(2003)&ots=bBFKX7kpKZ&sig=AqcbjRK2PjdYknyzUJwgmcko-6Y
5. Gudykunst, W. B., & Kim, Y. Y. (2003). Communicating with Strangers: An Approach to Intercultural Communication. McGraw-Hill. Diambil dari https://search.worldcat.org/title/49679930
6. Lonner, W. J., Berry, J. W., & Hofstede, G. H. (1980). Culture's consequences: International differences in work-related values. University of Illinois at Urbana-Champaign's Academy for Entrepreneurial Leadership Historical Research Reference in Entrepreneurship. Diambil dari https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1496209
7. Lewicki, R. J., Barry, B., & Saunders, D. M. (2011). Negotiation. McGraw-Hill. Diambil dari https://www.mheducation.com/highered/product/Negotiation-Lewicki.html
8. Mead, GH (2015). Pikiran, diri, dan masyarakat. Pers Universitas Chicago. Diambil dari https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=22jtBwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Mead,+G.+H.+(1934).+Mind,+Self,+and+Society.+University+of+Chicago+Press.&ots=o4nUwIOzrA&sig=p0DLWg8xdkokEM5V6j2RMEA5RAs
9. Olekalns, M., & Smith, P. L. (2009). "The Role of Communication in Negotiation: A Review of the Literature." Negotiation and Conflict Management Research, 2(1), 1-20.