PERAN CHATBOT BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA EKONOMI SYARIAH: ANALISIS DARI PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH
Keywords:
Chatbot, Artificial Intelligence, Ekonomi Syariah, Maqashid Syariah, Efisiensi Operasional.Abstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya dalam bentuk chatbot, membawa pengaruh besar terhadap dunia bisnis, termasuk dalam ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran chatbot AI dalam meningkatkan efisiensi operasional dan strategi pemasaran bisnis syariah, serta menilai kesesuaiannya dengan maqashid syariah. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif berbasis data sekunder, penelitian ini menemukan bahwa chatbot AI mampu memberikan pelayanan otomatis selama 24 jam, mengurangi beban kerja, serta meningkatkan kepuasan pelanggan, terutama pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dari perspektif maqashid syariah, teknologi ini mendukung perlindungan terhadap harta (ḥifẓ al-māl), akal (ḥifẓ al-‘aql), dan jiwa (ḥifẓ al-nafs), selama implementasinya sejalan dengan prinsip-prinsip Islam. Selain memberikan manfaat efisiensi dan kemudahan pelayanan, AI juga dapat membantu penyebaran informasi yang edukatif dan adil. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan chatbot dalam menjawab pertanyaan kompleks serta risiko bias algoritma. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan kebijakan yang tepat agar pemanfaatan AI tetap selaras dengan nilai-nilai syariah dan tidak menimbulkan kemudaratan. Penelitian ini menegaskan bahwa chatbot AI berpotensi besar mendukung ekonomi syariah yang modern dan berkah.
Downloads
References
1. Afifah, Dewi, Danik Firdania, Asyifa Septiana, and Renny Oktafia. 2020. “Maqashid Syariah Sebagai Fondasi Ekonomi Islam.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 1(4): 140–54.
2. Azizah, Lidya. 2025. “PENGARUH TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DAN ANALITIK DATA DALAM MENINGKATKAN TARGET PEMASARAN DENGAN PERSONALISASI PESAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DITINJAU DALAM PERSPEKTIF.” : 1–23.
3. Garbo, Anom, and Hanifah Rodhiatul Latifah. 2024. “Optimasi Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui Penggunaan Kecerdasan Buatan.” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 9(204): 846–62.
4. Harahap, Aisatul Rezeky et al. 2025. “Peran AI Dalam UMKM : Bagaimana Kecerdasan Buatan Membantu UMKM Bertahan Dan Berkembang Di Era Digital.” 8(1): 409–19.
5. Nugraha, Sandi, Muhammad Irwan, and Padli Nasution. 2024. “Pengaruh Chatbot AI Terhadap Beban Kerja Layanan Pelanggan Grab Di Kota Medan.” 02(02): 1162–66.
6. Raihan, Muhammad, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, and Aqwa Naser Daulay. 2024. “Analisis Dampak Perkembangan Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Bank Syariah (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad).” Jesya 7(2): 2049–62.
7. Rizaldy, Alya Putri, Safina Riadi, and Novan Wijaya. 2025. “Peran Chatbot Ai Dalam Mengotomatiskan Layanan Pelanggan Dan Meningkatkan Efisiensi Operasional.” 6(1): 221–31.
8. Vania Hutagalung, Dwie, and Hendra Riofita. 2024. “ANALISIS PERAN DAN EFEKTIVITAS CHATBOT DALAM PEMASARAN DIGITAL DI ERA E-COMMERCE" (THE EFFECTIVENESS OF CHATBOTS IN DIGITAL MARKETING E-COMMERCE).” Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek 5(6): 1–7.
9. Wiyono, Joko. 2024. “Optimalisasi Penerapan Etika Bisnis Syariah Berbasis Maqasid Syariah Di Dapur Kue Rosad Gondang Mojokerto: Sebuah Analisi Strategi Untuk Peningkatan Kualitas Dan Keberlanjutan Usaha.” FADZAT: Jurnal Ekonomi Syariah.