ETIKA KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH SEBAGAI PILAR RESILIENSI EKONOMI DALAM MENGHADAPI KETIDAKPASTIAN GLOBAL
Keywords:
Komunikasi bisnis syariah, etika Islam, resiliensi ekonomi, ketidakpastian global, strategi usahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran etika komunikasi bisnis syariah sebagai pilar non-material dalam membangun resiliensi ekonomi di tengah ketidakpastian global. Dengan menggunakan pendekatan library research dan metode deskriptif-analitis, studi ini menggali hubungan antara prinsip-prinsip komunikasi Islami seperti kejujuran (shiddiq), transparansi, dan kelembutan dalam berbicara (qaulan layyinan) dengan ketahanan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang etis dan bernilai spiritual bukan hanya membangun kepercayaan konsumen dan loyalitas pasar, tetapi juga menciptakan diferensiasi strategis dalam persaingan global. Pendekatan ini memperkuat reputasi lembaga, memitigasi risiko krisis, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kontribusi utama penelitian ini adalah menawarkan perspektif bahwa komunikasi etis dalam Islam tidak hanya bersifat moral, tetapi juga menjadi instrumen penting dalam strategi bisnis modern berbasis nilai-nilai syariah yang responsif terhadap tantangan zaman.
Downloads
References
1. Agustin, H., Armis, & Hasan, H. (2022). Teori Manajemen Resiko Bank Syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 551–564. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).11251
2. Aprilia, P., & Rosyidi, I. (2024). Strategi Komunikasi Bisnis Di Era Digital Perspektif Etika Komunikasi Bisnis Islam. 9(April), 135–148.
3. Chapra, M. U. (2000). The Future of Economics: An Islamic Perspective. The Islamic Foundation.
4. El-gamal, M. A. (n.d.). Islamic Finance.
5. Iqbal, Z., & Mirakhor, A. (2006). An Introduction to Islamic Finance An Introduction to Islamic Finance. Sematic Scholar, page 2. https://pdfs.semanticscholar.org/37bf/ba7af87f865008c133e64f6b0a128560b63b.pdf
6. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
7. Rakhma, M. T. (2022). Etika Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 20. https://doi.org/10.24235/orasi.v13i1.9357
8. Satiadharmanto, D. F., Huda, M. D., Yusuf, M. A., Nugraha, M. Q., & Muhtadin, I. (2024). Loyalitas Konsumen Pasca Pandemi: Menerapkan Prinsip-Prinsip Islam dalam Servicescape, Pemasaran Media Sosial, dan Kualitas Produk. 17(2), 175–194.
9. Syamsudin, A. T., & Fadly, W. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan di PT BPR Syariah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.21154/etihad.v1i1.2857
10. Yudiana, F. E. (2022). KUMPULAN GRAND THEORY MANAJEMEN KEUANGAN & KEUANGAN ISLAM (Teori-Teori Manajemen Keuangan yang Popular bagi Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.