BISNIS ISLAM DI TENGAH KETIDAKPASTIAN GLOBAL : ANALISIS DESKRIPTIF RESPONS TERHADAP EKONOMI PROTEKSIONIS

Authors

  • Dwi Aditya UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Luthfi Nizar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Gina Sakinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Bisnis Islam, Proteksionisme, Ekonomi Global, Diversifikasi Pasar, Ekonomi Syariah, ZISWAF, Industri Halal

Abstract

Artikel ini menganalisis respons bisnis Islam terhadap ketidakpastian ekonomi global yang dipicu oleh meningkatnya proteksionisme. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi pustaka, kajian ini menyoroti strategi adaptasi pelaku usaha syariah melalui diversifikasi produk dan pasar serta penguatan jejaring halal global. Ketahanan model bisnis Islam ditelaah melalui peran akad-akad syariah dan pembiayaan yang berkeadilan. Di sisi lain, peran ZISWAF juga ditinjau sebagai instrumen sosial ekonomi dalam menjaga daya beli dan mendukung produksi berbasis komunitas. Meskipun memiliki keunggulan nilai, bisnis syariah menghadapi tantangan struktural seperti keterbatasan akses pasar global, ketergantungan impor, serta lemahnya ekosistem industri halal. Artikel ini merekomendasikan pendekatan strategis multidimensi agar bisnis Islam mampu menjadi sistem utama dalam menjawab tantangan proteksionisme global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aliasar, Afdhal. Strategi Pengembangan Industri Halal Indonesia dalam Menghadapi Dinamika Perekonomian Global. Komite Nasional Keuangan Syari’ah

2. Ascarya, & Yumanita, D. (2007). The Role of Islamic Microfinance Institutions in Enhancing Economic Development. Journal of Islamic Economics.

3. Budiwati, Septarina. (2017, Desember). AKAD SEBAGAI BINGKAI TRANSAKSI BISNIS SYARIAH. Jurisprudence, Vol. 7 No. 2.

4. El-Gamal, M. A. (2006). Islamic Finance: Law, Economics, and Practice. Cambridge University Press.

5. Kahf, M. (2003). The Role of Waqf in Enhancing the Ummah Welfare. Islamic Research and Training Institute, IDB.

6. Nadzri, F. A. (2019). Global Halal Ecosystem: Market Opportunities and Strategic Initiatives. Halal Journal, 17(2), 45–53.

7. Siddiqi, M. N. (2006). Islamic Banking and Finance in Theory and Practice: A Survey of State of the Art. Islamic Economic Studies, 13(2), 1–48.

8. Susamto, Ahmad Akbar, dkk.(2021). STRATEGI PERCEPATAN EKSPOR PRODUK HALAL USAHA KECIL DAN MENENGAH INDONESIA. KOMITE NASIONAL EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH (KNEKS).

9. Yana. (2024, Desember 30). Strategi Indonesia Merebut Pasar Halal Dunia. halalmui.org

10. Yusof, R. M., & Bakar, T. M. A. (2012). Strategic Adaptability of Halal Industry in ASEAN Integration. ASEAN Economic Bulletin, 29(3), 310–329.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check