DEVELOPMENT OF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) LEARNING DESIGN USING CHEMISTRY MONOPOLY MEDIA ON LABORATORY EQUIPMENT

Main Article Content

Dini Aulia Noviani
Yulia Sukmawardani
Ida Farida

Abstract

Penelitian ini didorong oleh pentingnya pengetahuan mengenai alat-alat laboratorium pada pelaksanaan praktikum. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat desain pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran team games tournament (TGT) menggunakan media monopoli kimia mengenai alat-alat laboratorium dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu hasil uji validasi. Penelitian ini menggunakan tahapan metode design based research yang meliputi tiga tahapan, yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan perangkat tes untuk mengukur pengetahuan siswa mengenai alat-alat laboratorium. Hasil uji validasi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan perangkat tes sudah memenuhi syarat (valid), dengan nilai rata-rata rhitung untuk RPP sebesar 0,77 dan perangkat tes sebesar 0,75.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amiel, T., & Reeves, T. C. (2008). Design-based research and educational technology: Rethinking technology and the research agenda. Educational Technology and Society, 11(4), 29–40.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta. ISBN: 9795180185

Chang, R. (2005). Kimia Dasar (Edisi Keti). Jakarta: Erlangga. ISBN:979-781-039-9

Croker, K., Andersson, H., Lush, D., Prince, R., & Gomez, S. (2010). Enhancing the student experience of laboratory practicals through digital video guides. Bioscience Education, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.3108/beej.16.2

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. ISBN: 978-979-010-002-2

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. ISBN: 978-602-446-032-7

Firman, B. (2019). Pembuatan Media Monopoli Kimia Untuk Mengembangkan Pengetahuan Siswa Mengenai Alat-alat Laboratorium. Skripsi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati: Tidak diterbitkan.

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2015). Survey of Instructional Development Models. Fourth Edition. Washington DC: Department Of Education. ISBN: 0-937597-55-4

Hadi, A., Baradja, L., & Ismunandar. (2009). Upaya Mengatasi Keterbatasan Pelaksanaan Praktikum Kimia Di SMA/MA Melalui Pengembangan Alat Peraga Praktikum Kimia Skala Kecil. Kelompok Keahlian Kimia Anorganik dan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung.

Halida, E. (2016). Analisis Peralatan Laboratorium Kimia SMA Negeri Se- Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Disertasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kavak, N., & Yamak, H. (2016). Picture Chem: Playing a Game To Identify Laboratory Equipment Items and Describe Their Use. Jurnal Of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00857

Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya Panduan bagi Guru dalam Membantu Merancang, Mengelola, Mengupayakan agar Laboratorium Sekolah Berfungsi lebih Efektif dalam Pembelajaran, dan Aman bagi Pemakainya. Bandung: Pudak Scientific.

Mamanda, S., & Sumantri, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Mardhiah, A., & Almukarramah. (2016). Pengaruh media kartu yang dikombinasikan dengan model kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah atas. Serambi Akademica, IV(2), 43–47.

Miranda, E. D., Copriady, J., & Susilawati. (2015). Penggunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Chemo-Edutainment untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA MAN 2 Model Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 2(1), 1–10.

Nuryana, H., Ningrum, E., & Darsiharjo. (2013). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Kebun Raya Kuningan Sebagai Sumber Belajar. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, 13(April), 13–22.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rifai, M. H., Dasna, I. W., & Kusairi, S. (2016). Persepsi Guru dan Siswa Sekolah Swasta di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo terhadap Pelaksanaan Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Pros. Semnas Pend IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, pp. 1033–1040.

Rohmawati, E. D., & Sukanti, S. (2012). Pengaruh Cara Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 153–171. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918

Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli Dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(2), 74–81.

Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. (2018). Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di SMA Wilayah Sumedang. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 248. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2593

Sari, & Yunita. (2015). Profil Laboratorium Madrasah Aliyah dan Sekolah Menegah Atas di Jawa Barat. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 533–536.

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Sugiyono. (2011). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 9798433640

Sulistiyawati, & Hedianti, R. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 77–84.

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832

Suwandi, S. (2011). Model-model Assesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka. ISBN: 978-602-58580-09-0

Taqwima, A. H. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Chemopoly Game Dan Chem-Cards Game Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA. Jurnal Pendidikan KImia (JPK), 2(4), 165–173.

Taufiqurohman. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Kimia Berbasis Permainan Monopoli Pada Sub Materi Zat Aditif Pada Makanan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Bandung: UPI : Tidak diterbitkan.

Udaibah, W. (2014). Analisis Pengetahuan Calon Guru Kimia Tentang Peralatan Laboratorium Dan Fungsinya. Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 1–21.

Yunita. (2016). Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia. Bandung: C.V. Insan Mandiri. ISBN: 978-979-3696-36-2