Analisis Makna Kafir dalam al-Qur’an untuk Keharmonisan Umat Beragama di Indonesia

Main Article Content

Fadhil Adnan Fikri
Fatira Wahidah
Fatira Wahidah
Aminudin
Nurdin

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fadhil Adnan Fikri, IAIN Kendari

Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

 

Fatira Wahidah, IAIN Kendari

Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Fatira Wahidah, IAIN Kendari

Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Aminudin, IAIN Kendari

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Nurdin, IAIN Kendari

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

References

Akbar, M. N., & Suharjianto, M. A. (2018). Makna Kafir dalam Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Badriah, L. (2018). Fenomena Kafir Mengkafirkan di Media Sosial Twitter dan Facebook Ditinjau dari Hukum Islam dan Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fahrul Rozi, F. R. Z. (2021). Ikhlas menurut Pandangan Sayyid Qutub dalam Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. UIN Suska Riau.

Farhan, A., & Saputra, D. B. (2021). Makna Kafir dalam al-Qur’an: Studi Komparatif Penafsiran Ibnu Katsir dan Quraish Shihab. Jurnal Keislaman Dan Tafsir Hadis, 5.

Hafizah, R., & Bustamam, R. (2021). Pemahaman Imam al-Qurthubi terhadap Konsep Riddah dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Indonesia. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–21.

Hamdan, M. (2020). Filosofi Kafir dalam Al-Qur’an: Analisis Hermeneutik Schleiermacher. Tashwirul Afkar, 39(2), 24.

Haromaini, A. (2017). Kondisi Hati dalam Al-Qur’an. Jurnal Asy-Syukriyyah, 18(1), 53–66.

Ibrahim, M. M. (2020). Penganut Agnostik di Indonesia (Kajian Konstitusi). Sapientia Et Virtus, 5(1), 21–54.

Jaohaerudin, J. (2013). Larangan Taqlid di dalam Islam. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kamaluddin, A. (2019). Konsep Kafir menurut M. Quraish Shihab: Analisis Term Kafir dalam Tafsir al-Misbah. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mudin, M. I., Ahmadah, N. L., Da’i, R. A. N. R., & Rizaka, M. F. (2021). Mendudukkan Kembali Makna Kafir dalam al-Qur’an dan Konteksnya secara Teologis, Sosiologis, dan Politis. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 16(1), 41–55.

Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Al-Qur’an untuk Orang Dewasa dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 26–31.

Nada, I. (2020). Karakteristik Kafir menurut Harifuddin Cawidu dalam Buku “Konsep Kufr dalam al-Qur’an.” UIN Walisongo Semarang.

Nugroho, A. (2020). Makna Kufr dalam Surat al-Baqarah (Perspektif Hermeneutika al-Qur’an Fazlur Rahman). IAIN Ponorogo.

Qardhawi, Y. (2020). Islam Jalan Tengah: Menjauhi Sikap Berlebihan dalam Beragama. Mizan Pustaka.

Rofiqoh, R. (2020). Makna Tabdhir dalam al-Qur’an (Studi Pemikiran Quraish Shihab dalam Kitab Tafsir al-Misbah). IAIN Ponorogo.

Rosdian, R. D., Ula, M., & Risawandi, R. (2019). Sistem Pengenalan dan Penerjemahan Al-Qur’an Surah al-Waqi’ah melalui Suara menggunakan Transformasi Sumudu. TECHSI: Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 97. https://doi.org/10.29103/techsi.v11i1.1294

Sarbini, P. B. (2018). Mengritisi dan Meluruskan Pandangan tentang Kafir. Seri Filsafat Teologi, 28(27), 72–80.

Sarend, T. (2020). Kafir dalam Tafsir as-Sira j al-Munir Karya al-Khatib al-Syirbini. IAIN Bengkulu.

Syarbini, A., & Jamhari, S. (2012). Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an. Ruang Kata.

Syukran, A. S. S. A. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108.

Wahid, A. (2020). Persepsi “Kafir” pada Muslim dan Non-Muslim: Konteks, Penggunaan, dan Komunikasi Partisipatif. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 1(2), 79–92.