Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Permainan Memancing Huruf Pada Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Hilman Mangkuwibawa
Zaenal Mufie
Dinni Kholida Aulia

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat permasalahan kurangnya pengenalan vokal dan konsonan pada anak karena keterbatasan alat peraga seperti permainan pengenalan huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal vokal dan konsonan sebelum menerapkan permainan memancing huruf, selama setiap siklus, dan setelah menerapkannya di setiap siklus. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Subjek atau responden dalam penelitian ini adalah 8 orang anak. Adapun hasil analisis data kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 51 dengan kategori kurang. Proses penerapan permainan memancing huruf dapat dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 55% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula pada aktivitas anak siklus I mencapai 58% dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan anak setelah diterapkan permainan memancing huruf juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 67 dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 99 dengan kategori sangat baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Heri hidayat, S. A. (2015). Aktifitas mengajar anak TK. Bandung : Arfino Raya.

Ismail, A. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Musfiroh, T. (2009). Bermain sambil belajar dan mengasah kecerdasan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahmawati, F. M. (2013). Metode permainan-permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Santrock, J. W. (2010). Educational Pschycology (Psikologi pendidikan) Alih bahasa: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenanda Media group.

Sauddah, N. (2016). Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Mengenal Huruf melalui Permainan Memancing Huruf pada Anak Kelompok A Tk Plus “Al Ikhlas” Boyolangu tulungagung tahun Ajaran 2015/2016. artikel skripsi. Kediri: FKIP UN PGRI, 3.

Siska Lestari, L. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pancingan Huruf Pada Kelompok B-3 TKIT Izzuddin Palembang Semester I tahun 2018/2019. Journal article, 4.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.