Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Dengan Metode Bermain Peran

Isi Artikel Utama

Tuti Hayati
Arif Nursihah
Eva Fauziyyah

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, mengetahui kemampuan mengenal huruf vokal anak sebelum menggunakan metode bermain peran, proses pemberian metode bermain peran pada setiap siklus, dan kemampuan mengenal huruf vokal anak setelah menerapkan metode bermain peran pada setiap siklus di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Penelitian ini berlandaskan pada satu pemikiran bahwa metode bermain merupakan sebuah upaya untuk menyampaikan informasi menggunakan peran tokoh atau objek di sekitar anak, sehingga anak dapat memahaminya. Penerapan metode bermain peran dalam proses mengenal huruf vokal akan memudahkan anak untuk mengingat dan mengenal huruf vokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini menemukan 10 orang anak kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal mengenal vokalanak di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang setelah diterapkan metode pelatihan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I masuk dalam kriteria kurang dengan nilai rata rata yang diperoleh adalah sebesar 53,65. Sedangkan, pada siklus II terjadi peningkatan sehingga termasuk dalam kriteria baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,1. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis tindakan yang diterima.
Kata Kunci: memainkan peran, huruf vokal, kemampuan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aulina, C.N. 2014. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 1 (1).”

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009. 2014. “Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktoral Jenderal Pembinaan TK Dan SD.” Sa’adun, Akbar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Filosofi, Metodologi, Implementasi.. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta. Wardani, Sriharyati. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Permainan Sirkuit Bendera Pada Anak Kelompok Bermain PAUD Aisyiyah II Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.,” 1