Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini Melalui Metode Cantol Raudhoh

Isi Artikel Utama

Tuti Hayati
Teti Ratnasih
Heti Noor Komala

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kemampuan membaca huruf hijiayah anak Kelompok B RA Bahrul Ilmi sebelum menggunakan metode cantol raudhah, Penggunaan metode cantol raudhoh dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak Kelompok B RA Bahrul Ilmi pada setiap siklus, dan Kemampuan membaca huruf hijaiyah anak Kelompok B RA Bahrul Ilmi setelah menggunakan metode cantol raudhoh pada setiap siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran yang merupakan pendekatan gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Metode penelitian merupakan cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, atau biasa disebut juga dengan permasalahan penelitian. hasil penelitian: 1) Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Kelompok B RA Bahrul Ilmi sebelum menggunakan Metode Cantol Raudhoh mencapai nilai rata rata sebesar 45,8 dengan kategori gagal. Karena angka 45,8 berada pada rentang 0 – 49 dengan kategori gagal; 2) Penggunaan Metode Cantol Raudhoh dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di Kelompok B RA Bahrul Ilmi Sukapura Dayeuhkolot Bandung dilihat dari aktivitas guru pada siklus I mencapai angka rata-rata sebesar 67,85% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai angka rata-rata sebesar 96,43% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas anak pada siklus I mencapai angka rata-rata sebesar 61,95% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 88,46% dengan kategori sangat baik; 3) Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Kelompok B RA Bahrul Ilmi setelah Menggunakan Metode Cantol Raudhoh mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, pada siklus I mencapai angka rata-rata sebesar 78,3 dengan kategori baik dan pada siklus II mencapai angka rata-rata sebesar 95,98 dengan kategori sangat baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrapindo Persada. Aulia. (2011). Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenaga Perguruan Tinggi: Jakarta.

Hayati, T. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhasanah Erna. (2018). Metode Membaca Cantol Raudhoh. Bandung: Lembaga Pendidikan Pra sekolah.

Sugiyono. (2015 : 225). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kenacana Prenada Media Group.