Pengaruh Pemberian Reward Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Main Article Content

Aam Kurnia
Nano Nurdiansyah
Hillda Faddilah Mediani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kepercayaan diri pada anak melalui pemberian reward verbal (kelas eksperimen) di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang; 2) Kepercayaan diri pada anak menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang; dan 3) Perbedaan kepercayaan diri anak usia dini antara yang menggunakan reward verbal dan menggunakan pembelajaran konvensional di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Penelitian ini mengacu pada teori belajar behaviorisme yang dikembangkan oleh B.F. Skinner. Teori ini menjelaskan pentingnya penguatan positif berupa reward atau penguatan negatif berupa punishment. Reward diberikan untuk memberi motivasi agar terus melakukan kegiatan positif dan melakukan tingkah laku yang diinginkan (Rosyid, Rahmah, & Rofiqi, 2019). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode kuasi eksperimen yang dilakukan dalam kurun waktu satu bulan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang berjumlah 15 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, lembar penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dari hasil penilaian unjuk kerja yang dicapai anak serta rangkaian uji statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri anak usia dini melalui pemberian reward verbal di kelompok B pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84,4 berkualifikasi sangat baik; 2) Kepercayaan diri anak usia dini melalui pembelajaran konvensional di kelomnok B pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,5 berkualifikasi baik; dan 3) Perbedaan kepercayaan diri anak antara yang menggunakan reward verbal dan menggunakan pembelajaran konvensional di kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen sebesar 37,2 dan meningkat pada posttest menjadi 84,4 selisih keduanya sebesar 47,2. Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelompok kontrol adalah 36,4 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,5 selisih keduanya yaitu 41,1. Selanjutnya hal ini diperkuat dengan hasil uji t yang menunjukkan harga t hitung sebesar 18,437 lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05/2 = 0,025 adalah 2,048 artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest antara mean pada kelompok eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian reward verbal terhadap kepercayaan diri anak usia dini di Kelompok B RA AL I’ANAH Kosambi Kecamatan Klari Kabupaten Karawang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Susilaningsih, B. (2015). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Bubur Kertas di Kelompok TK ABA Kopirah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-8.

Suwardi. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran bagi Pendidikan PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal AL-AZHAR SERI HUMANIORA , 72-77 Vol.1 No.2 Wahyudi, I. N., & I. N. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Journal Ceria, 12-25.