Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Main Article Content

Tuti Kurnia
Arif Nursihah
Isyfi Nur Silviani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media busy book pada kelas eksperimen; (2) kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media kartu angka pada kelas kontrol; dan (3) perbedaan kemampuan berhitung anak terhadap penggunaan media busy book dan media kartu angka. Metode penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian kuasi eksperimen ini adalah Nonequivalent Control Group Desain dimana desain ini merupakan uji perbandingan antara pretest dan posttest antara dua kelompok, dimana pemilihan kelompok dipilih secara acak. Sebagai tahap pengamatan awal terlebih dahulu dilaksanakan tes awal (pretest), lalu diberikan tindakan atau perlakuan (treatment) menggunakan media busy book, kemudian ditutup dengan tes akhir (postest). Analisis data dilakukan terlebih dahulu dengan uji instrumental yaitu validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan dengan uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak kelompok eksperimen dengan penerapan media pembelajaran busy book saat pretest berada pada kategori cukup, sedangkan saat postest berada pada nilai sangat baik. Kemampuan berhitung anak kelompok kontrol menggunakan kartu angka pada saat tes awal berada pada kategori cukup, sedangkan pada saat tes akhir berada pada kategori baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan busy book memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kartu angka pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Daud, M., Siswanti, D. N., & Jalal, N. M. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Hasririn. (2021). Pengembangan Media Busy Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak di RA Al-Misbah Koto dan Tuo Barulak Kec. Tanjung Baru Kab. Tanah Datar. 55.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosa Kata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Metamorfosa, 5.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014. (n.d.).

Sudirman, I. N. (2021). Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. Bali: Nilacakra.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

UPI, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT. Imperial Bhakti Utama.

Yociyano. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Busy Book pada Anak Playgroup di TK Telkom Baturaja Ogan Komering Ulu. Universitas Sriwijaya.

Zaman, B., & Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.