Hubungan antara Kegiatan Prakarya dalam Menggunakan Media Loose Part dengan Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Main Article Content

Aam Kurnia
Syam’iyah Syam’iyah
Jazilah Nayren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang, (2) perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang, (3) hubungan antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafiiyah Kabupaten Subang. Penelitian ini berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Carl Roges yang mengemukakan bahwa kreativitas terwujud dari hubungan antara seseorang dengan lingkunganya, hal tersebut didukung oleh teori dari Simon nicolson yang mengemukakan bahwa lingkungan merupakan sebuah interaksi untuk anak. Kedua teori tersebut menggambarkan bahwasanya kreativitas seseorang dapat dibangun melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, kegiatan prakarya menggunakan media loose part, akan menciptakan suatu pembelajaran yang unik, menarik dan dapat menstimulasi kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dan pendakatan yang digunakan adalah korelasi product moment. Subjek penelitian adalah kelompok B RA As-Syafiiyah dengan jumlah sempel 18 anak. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis parsial, uji prasyarat yaitu: uji normalitas, uji linearitas, dan selanjutnya uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang memiliki nilai rata-rata 79 berada pada interval 70-89 yang mempunyai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH); 2) Perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang memiliki nilai rata-rata 74 berada pada interval 70-89 yang memiliki kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH); 3) Hubungan antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Bandung memperoleh hasil korelasi r hitung 0,691, pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil 0,691 > 0,468, nilai r hitung berada pada interval 0,60-0,799 tingkat hubungan yang kuat. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima, bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kegiatan prakarya dalam menggunakan media loose part dengan perkembangan kreativitas anak usia dini di kelompok B RA As-Syafi’iyah Kabupaten Subang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Atika, Y. I. (2015/2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Prakarya Menggunakan Bahan Bekas Dikelompok B2 TK Papahan 03 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. pp. 2-3.

Buhrin Wayka (2019) Pembelajaran berbasis Konten STEAM dan Loose Part.Retrievedfrom https://buhrin.gurusiana.id/article/pembelajaran-berbasis-konten-steam-dan-loose-part-1729039

Farida, A. (2020). Penggunaan Media Loose Part Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usa Dini di Paud Al-Musfiroh Gunungsindur Jawa Barat. pp. 31-33.

Hasanah (2018) Evektivitas Permainan Ular Tangga Dalam Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di Nur Fadhilah Desa Wanasaba Lor Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon: Cirebon hlm 39

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi'in Yogyakarta. Journal Of Early Childhood Education And Development, Vol.1(No.2),86.Retrievedfrom http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCEH

Jefri, Hendri, H (2015) Survei Minat Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation. Vol. 5. No. 5

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719 Tahun 2020 Pasal 1 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus

Marganti Sit, K. F. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Medan: Perdana Publishing.

Nurini, H. I. (2018, September). Tumbuhkan Kreatifitas Sejak Dini Dengan Prakarya. Retrieved from https://jatengpos.co.id/tumbuhkan-kreatifitas-sejak-dini-dengan-prakarya/arif/

Sugianto. (2011). Definisi dan Tujuan Raudatul Athfal. Retrieved from http://reppository.uinsu.ac.id/1124/6/BAB%20111.PDF

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata. (2017). Metode Penelitain Pendidikan dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Werdhaningsih, d. H. (2015). Prakarya dan Kewirausahaan . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemdikbud.

Widiawaty, S. (2017, Maret). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membuat Prakarya Di RA As-Sa'adah Kecamatan Medan Area. Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara .

Zaskia Oktaviana, d. (2016, Januari). Pentingnya Kreativitas Dan Komunikasi Pada Pendidikan Jasmani Dan Dunia Olahraga. Jurnal Olahraga Prestasi, Vol 12(No. 1), 99.