Hubungan Antara Kecerdasan Visual Spasial dengan Keterampilan Menggambar

Main Article Content

Yuyun Yulianingsih
Teti Ratnasih
Kurnia Lestari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di RA Al-Muhajir  Panyileukan Bandung yaitu tepatnya terjadi pada kelompok B yang dimana  terdapat beberapa anak yang masih selalu meniru apa yang dicontohkan oleh  guru dalam kegiatan menggambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui: realitas kecerdasan visual spasial; realitas keterampilan  menggambar; hubungan antara kecerdasan visual spasial dengan keterampilan  menggambar di kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan Bandung.penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif dimana data disajikan dalam bentuk numerik  dengan menggunakan metode penelitian yang relevan. Subjek yang digunakan  dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B RA Al-Muhajir Panyileukan  Bandung yang berjumlah 25 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui  observasi secara langsung dan dokumentasi. Keabsahan data dianalisis secara  deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian  menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan visual  spasial dengan keterampilan menggambar pada subjek. Hal ini ditunjukan oleh  nilai koefisien korelasi sebesar 0,89 yang berada pada interval koefisien korelasi  0,800 – 1,000. Hasil uji signifikan diperoleh bahwa 9,47 lebih besar dari  2,07 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi atau pengaruh  dari kecerdasan visual spasial dengan keterampilan menggambar adalah sebesar  65% dan 35% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam  penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agustin, Mubiar. (2006). Profil Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini di TK Laboratulium Universitas Pendidikan Indonesia, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 No. 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hayati T. (2013). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri Musfiroh, Tadkiroatun. (2019). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka: Pamulang

Pamadhi, Hajar. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka Rusdarmawan. (2009). Children’s Drawing dalam PAUD . Bantul : Kreasi Wacana. Sefrina, Andin. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo Yudha M Saputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT