Relasi Kegiatan Practical Life dengan Kemandirian Anak Usia Dini

Main Article Content

Arif Nursihah
Yuyun Yulianingsih
Neli Mustafidah

Abstract

Tujuan peneliti meneliti topik ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini.  Studi ini memakai pendekatan kuantitaif, di karenakan dalam penelitiannya berupa angka dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang terdiri dari 14 responden. Studi ini menggunakan sampling jenuh dengan kata lain semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasinya kurang dari 100. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan suatu keabsahan yang dihasilkan dari analisis data dengan cara deskriptif menggunakan analisis parsial, analisis normalitas dan analisis korelasi. Hasil studi ini membuktikan bahwa kemampuan mengikuti kegiatan practical life berada dalam kategori sangat baik dengan hasil sebesar 80,45. Begitupun dengan kemandirian anak usia dini diperoleh hasil sebear 84,5 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemandirian anak usia dini berada dalam kategori kuat dengan keterkaitan 0,83 yang terdapat pada kelas interval 0,800-1,000. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan mengikuti kegiatan practical life dengan kemampuan anak bersikap mandiri pada usia dini  di kelompok B3 RA Humaira Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.  Adapun mengenai kadar pengaruhnya sebesar 68,9%, dengan demikian 31,1%  kemandirian anak terpengaruh dengan hal lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alfianika, N. (2018). Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Ariyanti, F., Edia, L., & Noory, K. (2006). Diary Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Read! Publishing House.

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Kencana.

Gutek, G. L. (2013). Metode Montessori (Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta. Rahmat, A. (2014). Pengantar Pendidikan. Gorontalo: Ideas Publishing. Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran

Practical Life (Penelitian Tindakan di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, H. (2007). Percaya Diri itu Penting. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini penganatar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda. Tuti, R. (2013). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Jurnal Surabaya.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar.Ruzz Media.

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Inspired Activity. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka.

Zainuddin, & Masyhuri. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.