Pembiasaan Karakter Disiplin oleh Orang Tua dalam Mengembangkan Nilai Moral Anak Usia Dini

Main Article Content

Arif Nursihah
Yuyun Yulianingsih
Nurul Chumairoh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pembiasaan karakter disiplin oleh orang tua dengan perkembangan moral anak usia dini.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini adalah anak pada Kelompok B1 RA Yapinur Kecamatan Limbangan Garut yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel karena jumlah populasinya kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembiasaan karakter disiplin oleh orang tua diperoleh nilai rata-rata sebesar 74. Angka tersebut berada dalam kategori baik.  Sedangkan perkembangan moral anak usia dini diperoleh nilai rata-rata 80.  Angka tersebut berada pada kategori sangat baik. Hubungan pembiasaan karakter disiplin oleh orang tua dengan perkembangan moral anak usia dini  pada kelompok B1 RA Yapinur Limbangan Garut diperoleh angka koefisen  korelasi sebesar 0,33 koefisien korelasi ini berada pada interval 0,200-0,399.  Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif  dan signifikan antara pembiasaan karakter disiplin oleh orang tua dengan  perkembangan moral anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi pembiasaan  karakter disiplin oleh orang tua dengan perkembangan moral anak usia dini  yaitu sebesar 10,89% sedangkan sisanya 89,11% dipengaruhi oleh faktor lain. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah, S. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.

Choirunnisak, A. (2013). Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogia , Vol. 2 No.1.

Pranoto Y, K. (2019). Studi Perbandingan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Hasil Pascasarjana) PROSNAMPAS , 2 (1).

Saidah, E. S. (2003). Pentingnya Stimulasi Mental Dini Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PAUD , Vol. 2 No 51.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif&Kualitatif. Bandung: ALFABETA. Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Penanaman Perilaku Disiplin anak usia 5-6 tahun , 3.

Yuliani, N. (2012). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.