Efek Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Main Article Content

Zaenal Muftie
Tuti Hayati
Qolbiatum Mutmainah

Abstract

Hasil studi awal pada kelompok B RA Ummul Quro memperlihatkan, ada kesenjangan antara tingginya pernggunaan gadget dengan rendahnya perkembangan kognitif anak guna berpikir logis dan berpikir simbolik. Studi ini bertujuan guna tahu pemakaian gadget; perkembangan kognitif dan hubungan diantara pemakaian gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini.  Metode penelitian yang dipakai ialah kuantitatif korelasional. Teknik penghimpunan data di studi ini lewat wawancara/bercakap-cakap, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil perhitungan di variabel X didapat nilai rata-rata yakni 60. Nilai itu ada di interval 60-69 dengan kategori cukup. Lalu, di variabel Y nilai rata-ratanya 77. Nilai itu ada diinterval 70-79 dengan kategori baik.  Hubungan diantara pemakaian gadget dengan perkembangan kogntif anak usia  dini didapat angka koefisien korelasi yakni 0,049. Angka koefisien korelasi ini  masuk ke kategori sangat rendah sebab ada di interval 0,00 – 0,20. Hasil uji  signifikansi didapat harga thitung = 0,1693 < harga ttabel = 2,179. Berarti Ho  diterima, atau tidak ada hubungan positif yang signifikan diantara pemakaian  gadget dan perkembangan bahasa anak usia dini. Lalu besarnya dampak  pemakaian gadget pada perkembangan kognitif anak usia dini yakni 0,24%. Ini  memperlihatkan 99,76% perkembangan kognitif anak usia dini terpengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 42.

Subagijo, A. (2020). Diet & Detoks Gadget. Jakarta: Noura Books. Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan praktikannya. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmawati, B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. SPEED : Journal of Special Education, 3.

Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 256.