Analisis Faktor Ekonomi terhadap Rendahnya Kemampuan Konsep Matematis Siswa SMP Terbuka
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ekonomi yang berkontribusi terhadap rendahnya kemampuan konsep matematis siswa di SMP. Siswa di SMP Terbuka sering kali dihadapkan pada tantangan yang berbeda dalam belajar, termasuk faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi kemampuan akademik mereka. Faktor ekonomi seperti tingkat pendapatan keluarga, akses terhadap sumber daya pendidikan, dan kondisi sosial-ekonomi dapat menjadi faktor penting dalam memahami rendahnya kemampuan konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari salah satu siswa SMP Terbuka di kabupaten Garut yang berjumlah 200 responden yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur faktor ekonomi yang relevan, seperti pendapatan keluarga, akses ke buku dan materi pembelajaran, serta tingkat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Selain itu, hasil tes kemampuan konsep matematis siswa juga dikumpulkan sebagai variabel penelitian. Analisis data dilakukan melalui teknik regresi untuk menentukan hubungan antara faktor ekonomi dan rendahnya kemampuan konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan tentang sejauh mana faktor ekonomi mempengaruhi kemampuan konsep matematis siswa di SMP terbuka. Temuan penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kebijakan dan strategi pendidikan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa di sekolah-sekolah serupa di wilayah yang sebanding.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Abdillah, S. W. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ali, F. A., & Murni, V. (2023). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DISTRIBUSI FREKUENSI PADA MATA KULIAH STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1197-1212.
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121-130.
Asy’ari, L., & No, J. T. P. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA.
BARUS, H. P. B. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101926 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Fauziah, S. R., Rismen, S., & Lovia, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Era New Normal. Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 45-52.
Fauziah, U. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matamatika pada Siswa Kelas X SMA Datuk Ribandang Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
GATESSA, F. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas IV Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).
GINTING, E. A. (2020). ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA KURIKULUM 2013 KELAS IV DI SD NEGERI 055969 KECAMATAN BAHOROK KAB. LANGKAT SEMESTER GANJIL TA 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
HAYANI, H. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rasa Takut Akan Kegagalan Dalam Diri Peserta Didik Menyelesaikan Masalah Matematika Di Kelas VIII SMP Nasrani 1 Medan TP 2021/2022.
Hidayati, A., Firdaussiah, L., Utami, I. R., & Ayu, N. P. (2022). Analisis Kesulitan Mahamahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ekonomi pada Materi Fungsi Permintaan dan Penawaran Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), 451-458.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah Disaat Pandemi Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304-312.
Nasri, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Aden, A., & Ilmadi, I. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Ujian Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Analisis Faktor. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 12-28.
Nugraha, H. Kajian Percepatan Ekonomi dan Akses Keuangan Daerah 2019. Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18.
Putri, A. R. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa MI Syarifuddin Lumajang. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 1-27.
Rahmillah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Pecahan Siswa Kelas V MIN 13 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Rismawati, M., Khairiati, E., & Khatulistiwa, S. P. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203-212.
Ryadi, S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs Maraqitta’limat Tembeng Putik Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Sandri, D., & Tisnawati, T. (2023). ANALISIS Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Matematika. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175-185.
Siti, N. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma Klaten).
Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42.
Wassahua, S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di kampung wara negeri hative kecil kota ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204-224.