Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Main Article Content

Fandy Saputra Saiful
Eri Rizki
Ade Hilda Zainy Aditya
Hamdan Sugilar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini peneliti akan menggunakan studi kasus  pada 7 siswa kelas VIII-B salah satu MTs di Kabupaten Bandung sebagai objek penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lima siswa memenuhi kriteria meninjau ulang konsep yang telah mereka pelajari dan menerapkan konsep dalam berbagai bentuk reprsentasi matematis, sementara dua siswa belum memenuhi kriteria menerapkan konsep dalam berbagai bentuk reprsentasi matematis dalam menyelesaikan masalah tentang kemampuan mereka untuk memahami konsep matematis melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Temuan ini dapat menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis game dan turnamen meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ai Mulyani, Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. 7, 251–262.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. Https://Doi.Org/10.24967/Ekombis.V2i1.48

Hidayati, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing Dan Number Head Together. 2, 95–102.

Islam, S. N., Susilawati, W., & Sugilar, H. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir abstraksi matematis berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Perspektif, 5(1), 112-129.

Karim, A., Nurrahmah, A., Studi, P., Matematika, P., Indraprasta, U., Jakarta, P., & Karim, A. (2018). Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. 4(1), 24–32.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. 2(58), 777–785.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.7.2.463-474.2021

Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Smp.

Munawaroh, F., Prasetyaningtyas, F. D., & Arlinda, F. D. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (Tgt) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri Ngaliyan 03. Jip: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 314–341.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Ni’mah, C. (2020). Pesantren ( Studi Kasus Pondok Pesantren Misykatul Atsar Di Salatiga Tahun 2020 ) Skripsi.

Pangestu, R. A., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagravindo Persada

Setiawati, L. A. D. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Stem ( Science, Technology, Engineering And Mathematic) Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Vii Materi Ekosistem Di Smp 01 Kota Bengkulu.

Sharicah, & Sariningsih, R. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Pada Materi Persamaan Kuadrat. 6(3), 1151–1160. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V6i3.17206

Slavin, R. E., & Yusron, N. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik.

Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum symbol dan structure sense matematika siswa madrasah tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-48.

Sumardiana, B., Fergina, S., Nurmala, S., Nanda, T. S., & Oktaviani, N. N. (2022). Penerapan Hybrid Learning System Di Era Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Hak Belajar Anak Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas Di Desa Padasugih Brebes. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal Of Legal Community Engagement) Jphi, 5(1), 10–22. Https://Doi.Org/10.15294/Jphi.V5i1.49910

Suraji, Maimunnah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ). 4(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V3i2.3897

Susilawati, W., Karyadinata, R., & Sugilar, H. (2019, March). Cognitive conflict strategy to the improvement of students’ lateral mathematical thinking ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012174). IOP Publishing.