Contextual Mathematics Learning on Students' Understanding of Mathematical Concepts
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran matematika kontekstual, pemahaman konsep matematika, dan strategi pembelajaran matematika pada pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis metode systematic literature review atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika kontekstual merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memaknai dengan menghubungkan materi matematika pada kehidupan nyata sehari-hari yang diamati dan dirasakan oleh siswa. Pemahaman konsep matematika yaitu kompetensi dalam pembelajaran matematika yang dimiliki siswa dalam pembelajaran. Pemahaman konsep matematika memiliki prinsip konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Pembelajaran matematika kontekstual dapat diterapkan pada pembelajaran dan berhubungan untuk pemahaman konsep matematika siswa. Strategi pembelajaran kontekstual yang digunakan untuk pemahaman konsep matematika yaitu dengan menerapkan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) dan menggunakan prinsip-prinsip yang ada pada pembelajaran kontekstual serta mengarah pada indikator pemahaman konsep matematika. Strategi pembelajaran matematika kontekstual bisa menjadi cara yang dapat dilakukan guru dalam proses pembelajaran untuk pemahaman konsep matematika siswa.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Azisah, N. R., & Syukur, M. (2020). STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUL ABAD 21 DI MA DDI TAKKALASI. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2, 58–65.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439
Febriyani, A., & Hakim, A. R. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. 2, 87–100.
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 346–352.
Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15385
Hidayat, R., & Nurrohmah. (2016). ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs LEWAT PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Jppm, 9(1), 12–19.
Jaenal Asikin, & Siti Ujaedah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(1), 29–36. https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.165
Juariah, J., Sugilar, H., & Susilawati, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Kelancaran Prosedural Matematika Siswa melalui Microsoft Mathematics. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 85–94.
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi.
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The Implementation of Mathematics Comic through Contextual Teaching and Learning to Improve Critical Thinking Ability and Character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27
Maryati, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300
MZ, Z. A., & Mulyani, F. R. (2019). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Ctl Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.27
Nada, L. Q. (2020). Studi Kepustakaan: Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 145–148.
Prasetyo Parhusip, Y., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Rosmaiyadi, R., Mariyam, M., & Juliyanti, J. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Gruop Exchange Berpendekatan Kontekstual. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2993
Saleh Haji. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.32734/jormtt.v1i2.2836
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14–25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838
Siregar, E. Y., Holila, A., & Ahmad, M. (2020). The Validity of Learning Devices With a Contextual Approach To Improve Concept Understanding Abilities. Akademika, 9(02), 145–159. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.929
Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum Symbol dan Structure Sense Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37–48.
Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198.
Sukma, M. A., Yandari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2125
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan disposisi matematik melalui model pembelajaran kontekstual. Jurnal THEOREMS, 1(1), 1–9.
Surdin. (2018). The Effect of Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Models on learning outcomes of Social Sciences of the material of forms the face of the earth on Class VII of Junior High School. International Journal of Education and Research, 6(3), 57–64.
Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa pada Materi Perbandingan. Variabel, 3(2), 66. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2269