Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar PAI

Authors

  • Aina Noviana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract

 The purpose of this study was to determine: 1) The application of the Teams Games Tournament type of cooperative learning model, 2) The effect of the Teams Games Tournament type of cooperative learning model on student learning outcomes in PAI subjects. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental research method in the form of a nonequivalent control group design. Data collection techniques used are observation and tests. Based on the results of the study, it showed that: 1) The implementation of the Teams Games Tournament type of cooperative learning model was 84.6%, categorized as good; 2) Teams Games Tournament type cooperative learning model has an influence on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects of 6.42 with a low increase of 0.15.

Downloads

References

Abbas, Amallia. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16827?show=full

Ahmad Syafi'i, T. M. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 115-123.

Ajeng Retno Utami, S. P. (2019). Hubungan Antara Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No 2, 56-62.

Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial Vol: 2 No 1.

Assayuthi, J. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal 5 (2), 240-254.

Cholid Narbuko, A. A. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika , 73-87.

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 112-120.

Hafsah Maryam, M. M. (2017). Pengaruh Cooperative Aproach Tipe TGT Berbantuan Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi , 1-11.

Halimah, Nurul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/17824/

Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) . Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 715-722.

Imam Santoso, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo Media.

Imam Suwardi Wibowo, R. F. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Preatasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No 2, 181-202.

Irmawati. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Minat Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI MIPA Di SMA Negeri 2 Maros. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repository.uin-alauddin.ac.id/13100/

Iwan. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Abhariyah Jerneng Terong Tawah Tahun Pelajaran 2013/2014. http://etheses.uinmataram.ac.id/539/1/Iwan%20151091099..pdf

M Arisandy, N. A. (2022). Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Sikap Sosial Siswa SD pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume 7, Nomor 2b, 717-722.

Mila Wulandari, U. S. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Reading and Composition) dan TPS (Think Pair Share) pada Mata Pelajaran Ekonomi. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 1, 287-294.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 15 No.1, 127-138.

Mustikasari, Dina. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Sistem Saraf. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/14963/

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 02, 333-352.

Priatna, T. (2021). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 171-179.

Ricardo, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 188-201.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA cv.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 239-246.

Downloads

Published

2022-12-14

Citation Check