Penelitian Agama dan Pendidikan: Analisis Bibliometrik

Main Article Content

Hilda Tagsya Ramdhany

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas data penelitian dan publikasi terkait agama dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan data publikasi internasional dengan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan analisis bibliometrik. Hasil pembahasan penelitian ini ialah penyajian hasil penelitian dan publikasi ilmiah terdahulu. Seluruh jumlah keterkaitan disajikan dalam bentuk grafik. Pembahasan penelitian membuahkan hasil bahwa penelitian mengenai agama dan pendidikan sudah banyak dilakukan setiap tahunnya. Grafik tampak menunjukkan jumlah naik dan turun terkait penerbitan penelitian agama dan pendidikan. Hasil yang didapatkan terlihat bahwa selama delapan tahun terhitung sejak 2013–2021 publikasi penelitian agama dan pendidikan mengalami kenaikan yang signifikan. Publikasi mengalami penurunan pada tahun 2022 yang merupakan penurunan terbesar sebab berkurang dari jumlah tahun sebelumnya. Adapun analisis ini mampu menunjukkan penerbit terbanyak dan penelitian terbanyak yang jatuh kepada Advances in Social Science - Education and Humanities Research. Penerbit tersebut menerbitkan sebanyak 891 artikel dan diikuti oleh publikasi terbanyak yaitu 546 artikel oleh Jurnal Basicedu. Sebagai perumusan kebijakan bagi tindakan selanjutnya bisa dilakukan dengan penelitian secara holistik agar selalu berkembang penelitian kaitan dengan agama dan pendidikan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hilda Tagsya Ramdhany, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin

References

Asir, A. (2014). Agama dan Fungsinya Dalam Kehidupan Umat Manusia. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, Vol. 1 No.2

Aziz, A., Ajat, Hidayatullah, S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 18 No.4

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2 No.2

Busro, B., Mailana, A., & Sarifudin, A. (2021). Pendidikan islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10 No, 415–416.

Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint dalam Pembelanjaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7 No. 3.

Fridayanti. (2015). Religiusitas, Spiritualitas Dalam Kajian Psikologi dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 2 No.

Haris, M. (2017). Agama dan Keberagaman; Sebuah Klarifikasi Untuk Empati. Jurnal Studi Islam, Vol. 9 No.6

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No.3

Shunhaji, A. (2019). Agama Dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No.1

Topan, Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Intrumentasi. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, Vol. 39 No, 140.