Students’ Problems in Learning English Vocabulary (A Descriptive Study at Tenth Grade of SMAN 1 Rancaekek)
Main Article Content
Abstract
Kosakata merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris yang perlu diatasi. Kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai kosakata menjadi salah satu masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris di SMAN 1 Rancaekek. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian, data dikumpulkan melalui quesioner, wawancara, dan observasi. Selanjutnya, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1 Rancaekek tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 37 siswa. Peneliti mewawancarai enam orang terpilih berdasarkan nilai bahasa Inggris yang mereka dapatkan pada mata pelajaran bahasa Inggris. Wawancara terdiri dari 7 pertanyaan. Hasil akhir, temuan menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah yang terdiri dari kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Inggris, kurangnya motivasi siswa, tidak memahami grammar dan pengucapan, malas menghafal kosakata, dan fasilitas pembelajaran yang kurang mendukung. Oleh karena itu, pentingnya pembelajaran kosakata karena menjadi komponen yang paling penting sebelum ke aspek-aspek lainnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Afidah, A. (2021). Students’ Difficulties in Vocabulary Mastery at Eleven Grade of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ainul Yaqin Ajung Jember. (State Islamic University Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember).
Afidah, A., Machfudi, M, I. (2022). Students’ Difficulties In Vocabulary Mastery. Critical Review of English- Arabic World Journal, 1 (1).
Alifudin, W. (2019). Improving Students Vocabulary Through Word Search Puzzle Game. (Skripsi Sarjana-Muhammadiyah University of Purwokerto).
Balqis, Nadia. (2018). Students’ Problems in Building up English Vocabulary. (Skripsi Sarjana – Ar-Raniry State Islamic University)
Faraj, A, K. (2015). Effective Strategies for Turning Receptive Vocabulary into Productive Vocabulary in EFL Context. Journal of Education and Practice, 6 (27).
Laka, B. M., Burdam, J., Kafiar, E. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (2).
Gilakjani, A. P., Sabouri, N. B. (2016). Learners’ Listening Comprehension Difficulties in English Language Learning: A Literature Review. English Language Teaching, 9 (6).
Hornby. (1995), Oxford Advanced Learners’ Dictionary of Current English, Fifth Edition. New York: Oxford University Press.
Manda, S., Talib, A., Aeni, N. (2022). Improving Students’ Vocabulary by Using Show and Tell (S&T) Method at the First Grade Students of SMA Negeri 6 Toraja Utara. Journal of Excellence in English Language Education, 1(4).
Rahmayanti. (2022). Meningkatkan Vocabulari Siswa dengan Menggunakan Media Flashcard pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10 (2).
Schmiit, M. (2000). Vocabulary in Language Teaching. Cambridge of University.
Syafrizal., Haerudin. (2018). The Implementation of Vocabulary Building Strategy in Teaching English Vocabulary to Young Learners. Journal of English Language Teaching, 5 (1).
Wulandari, T. (2020) Students’ Problem in Building up English Vocabulary at MAN 1 Pulang Pisau (Skripsi Sarjana - State Islamic Institute Of Palangkaraya).