Desain Pembelajaran Model Dick and Carey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Isi Artikel Utama

Zezen Futuhal Aripin
Uus Ruswandi
Muhammad Abdul Aziz

Abstrak

A good learning process will give birth to quality students. The achievement of learning objectives is obtained through the use of appropriate and effective learning designs. This article aims to explore and explore Dick and Carey's learning design in Islamic Religious Education learning. This research is descriptive qualitative. The results of the study indicate that the Dick and Carey learning design is very appropriate to be used in the learning process that is oriented towards the skills of students.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmad, J., & Manusia, A. P. K. (2018). Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, 3, 320.

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2), 119-126.

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.

Idris, D. M., & Usman, U. (2019). Peranan Pendidikan Akhlak dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Al-Musannif, 1(2), 77-95.

Izza, L. (2019). Menumbuhkan nilai-nilai anti korupsi pada anak untuk membentuk karakter melalui “semai games” di MDTA rabithatul ulum Pekanbaru. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 2(2), 84-95.

Jauhari, M. T. (2020). Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. ISLAMIKA, 2(2), 328-341.

Lubis, R. R. (2018). Identifikasi Perilaku Dan Karakteristik Awal Peserta Didik (Konsep dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional). Hikmah, 15(1), 28-34.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326.

Nadlir, N. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 339-352.

Nurdin, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49-64.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rizaldi, D. R., Makhrus, M., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 74-81.

Sari, D. P. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Counseling, 1(1), 1-24.

Sudrajat, Y. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DICK & CAREY MATA KULIAH EVALUASI PENGAJARAN. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2).

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1-18.

Tang, M. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 717-740.

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1-16.

Warsita, B. (2018). Teori belajar robert m. gagne dan implikasinya pada pentingnya pusat sumber belajar. Jurnal teknodik, 12(1), 064-078.

Wirdati, W., & Sulaiman, S. (2018). AZAS-AZAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Ta'dib, 21(1), 29-38.