Memahami Manajemen Belajar dan Pembelajaran pada Pendidikan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai manajemen belajar dan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Metode penelitian ini berupa metode library research kemudian data diolah secara deskriptif. Hasil pembelajaran menunjukan bahwa manajemen belajar melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa, sementara pembelajaran melibatkan interaksi aktif siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Penerapan manajemen belajar dan pembelajaran yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa melalui lingkungan pembelajaran yang baik, dukungan guru yang tepat, dan keterlibatan aktif siswa. Pemahaman yang mendalam tentang konsep ini penting bagi guru dan pendidik dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang relevan dan inklusif
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Akollo, J. G., & Toisuta, M. E. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.51689/it.v6i2.236
Basyir, M. S., Dinana, A., & Devi, A. D. (2020). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M. Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpm.2022.71.12
Indrawan, I. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(1).
Jamil, F., Mukhaiyar, R., & Husnaini, I. (2020). Kajian Literatur Rekonstruksi Mata Kuliah (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Sinyal Teknik Elektro UNP). JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 198–203. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108742
Mailani, I. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pendidikan Agama Islam. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.59
Mala, H. A. B., & Makarma, A. (2021). Mitologi dalam Teori Genetik Konrad Z. Lorenz: Perspektif Pendidikan Islam. ISTIQRA, 9(2), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/ist.v9i2.803
Marzuki, Ismail, and L. H. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
Milasari, M., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217–228. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.35499
Mursyidah, N., & Muhammad, M. (2023). Arah Baru Pembelajaran Pada Mahasiswa Di Era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1), 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3829
Pramitha, D. (2019). Analisis Kebijakan PP. No. 55/2007 Dalam Pengelolaan Pendidikan Agama. Hilos Tensados, 1, 1–476.
Prayogi, A. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Ilmu Sejarah: Sebuah Telaah Konseptual. Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah, 5(2), 240–254. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/hm.v5i2.15050
Ramadona, A. (2023). Analysis Of The Effect Of Commitment, Motivation, Leadership And Work Culture On Job Satisfaction And Teacher Performance At Smk Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Journal Of Islamic Management Applied, 3(4), 30–60.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278–288. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.800
Samsinar, S. (2020). Urgensi Learning Resources (sumber belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 507–511. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350
Srikandi, C. F. (2022). Melalui Model pembelajaran Kolaboratif Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Teks Report Pada Siswa Kelas X. IPA SMA Negeri 8 Aceh Barat Daya. Jurnal Serambi Akademica, 10(4), 427–434. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v10i4.4339
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media.