Pengaruh Pembelajaran Lagu Anak Islami Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini

Main Article Content

Zaenal Muftie
Tuti Hayati
Rina Nuraeni

Abstract

Hasil pengamatan pertama di “kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung” terlihat ada hal menarik guna dikaji, pengembangan moral anak lewat metode ceramah masih kurang seperti anak yang bertindak sesuka hati tanpa tahu perilaku baik atau buruk, dan benar atau salah. Studi ini bertujuan guna perkembangan moral anak usia dini lewat metode konvensional; perkembangan moral anak usia dini lewat metode lagu anak Islami; serta perbedaan perkembangan moral anak usia dini di Kelompok B RA Ummul Quro Kabupaten Bandung diantara metode “konvensional” dengan “pembelajaran lagu anak Islami”. Metode yang dipakai disini ialah quasi eksperimen “nonequivalent control group design”. Alat penghimpunan data didapat lewat observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data kelompok konvensional dapatkan nilai rata-rata pretest yakni 54,57 berkategori kurang dan nilai rata-rata posttest yakni 79,42 ber kategori baik. Lalu kelompok eksperimen dapatkan nilai rata-rata pretest yakni 57,43 berkategori kurang dan  posttest yakni 87,28 berkategori sangat baik. Sesuai hasil uji hipotesis didapat  thitung > ttabel yakni 2,627 > 2,447, maka terdapat dampak yang signifikan atau Ha  diterima. Maka ada dampak pembelajaran lagu anak Islami dengan signifikan pada perkembangan moral anak usia dini di “Kelompok B RA Ummul Quro  Kabupaten Bandung”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Author, Nailul. 2018. “Pengembangan Lagu-lagu Islami Berdasarkan Tema Berbasis Video Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Izzuddin Palembang.” Universitas Sriwijaya Palembang.

Fitriyah, Romadatul. 2021. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Lagu-lagu Islami.” 1(1):55–72.

Laelatusi’ah. 2021. “Minat Orangtua Dalam Menyekolahkan Anak Ke Raudhatul Athfal di Kp. Pasir Eurih Ds. Margajaya Kec. Cimarga Lebak Banten.” Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Murdiono, Mukhamad. 2008. “Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini.” 38:167–86.

Oktarina, Vivin, dan Ayi Teiri Nurtiani. 2016. “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Lagu-lagu Islami di Kelompok B RA Al-Muslimat Lueng Bata Banda Aceh.” III:54.

Sardila, Vera. 2015. “Implementasi Pengembangan Nilai-Nilai Etika dan Estetika Dalam Pembentukan Pola Perilaku Anak Usia Dini.” 26(2):86–93.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Pertama. edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta.

Widiarini, Anisa, and Adinda Permatasari. 2016. “Pahami Periode Sensitif Pada Anak Usia Dini.” 1.