Konsep Critical Thinking Perspektif QS. al-Alaq Ayat 1-5
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas konsep critical thinking perspektif QS. al-Alaq ayat 1-5. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah ilmu tafsir. Sedangkan objek material pada penelitian ini adalah konsep critical thinking. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini meliputi konsep critical thinking, tujuan critical thinking perspektif Al-Qur’an dan konsep critical thinking perspektif QS. al-Alaq ayat 1-5. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat relevansi antara konsep critical thinking dengan tafsir QS. al-Alaq ayat 1-5. Poin-poin yang terdapat pada tafsir QS. al-Alaq ayat 1-5 selaras dengan komponen-komponen yang terdapat pada proses critical thinking.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/
Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hasan, F. (2021). Konsep Critical Thinking dalam Al-Quran dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Online Thesis, 1–49.
Hatami, F., Tahmasbi, F., & Hatami Shahmir, E. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(8), 85–102.
Izzan, A. (2011). Metodologi Ilmu Tafsir. Tafakur.
Junoh, N., & Mohamad, A. M. (2020). Pemikiran Kreatif Islam: Analisis terhadap Istilah-istilah Berkaitan dalam Al-Quran. Journal of Muwafaqat, 3(1), 130–149.
Mansur, M. (2014). Literasi dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Tafsir al-Misbah dan al-Azhar atas Surat al-Alaq ayat 1-5. IAIN Madura.
Muji, M. (2014). Fundamental Taksonomi Bloom dalam Sistem Pendidikan Menurut Q.S al-’Alaq Ayat 1-5 (Telaah Tafsir Ibnu Katsir, al-Qurthubi, dan Salman). Tadribuna: Journal of Islamic Management Education, 5(6), 1–26.
Mukmin, T. (2016). Urgensi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an Surat al-Alaq Ayat 1-5 menurut Ibnu Kastir. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 59, 1–21.
Ramli, A. A., Ibrahim, N. H., Yusuf, F. M., & Surif, J. (2018). Critical thinking from stem education and Al-Quran perspectives. Journal of Engineering Science and Technology, 13, 35–41.
Rohmah, N. (2019). Urgensi Literasi Perspektif QS. al-Alaq Ayat 1-5 (pp. 1–19). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sarwat, A. (2020). Ilmu Tafsir: Sebuah Pengantar. Lentera Islam.
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.