PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE PADA MATERI SISTEM INDERA

Main Article Content

Rita Kusmiati
Idad Suhada
Ukit

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan sarana untuk mencapai tuntutan kompetensi yang harus dicapai pada mata pelajaran biologi. Lembar kerja peserta didik merupakan bahan ajar yang dapat digunakan untuk menuntun kegiatan praktikum. Lembar kerja berisi serangkaian proses percobaan yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan dan menganalisis kelayakan lembar kerja berbasis search, solve, create and share (SSCS) pada materi sistem indera. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dibatasi menjadi 3-D yaitu define, design dan develop.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi, angket uji keterbacaan, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu dua dosen pendidikan biologi dan satu guru mata pelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukan lembar kerja yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil validasi dosen ahli materi dan guru mata pelajaran mendapat rata-rata 93,73% dengan kategori sangat valid, validasi dosen ahli media dan guru mata pelajaran mendapat rata-rata 93,83% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata uji keterbacaan mendapat persentase 87,71% dengan kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ananingtyas, R. S. A. (2020). Analisis Uji Keterbacaan Modul Fisika Berbasis STEM Education Materi Usaha dan Energi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 796.

Anggaira, A. S. (2021). Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar. In Integrasi Keilmuan dalam Menyongsong Merdeka Belajar. Akademi.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astawan, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Bali: Nilacakra.

Hani’ah, M. (2018). Panduan Terlengkap PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Jakarta: Laksana.

Mohandnas, R. (2014). Kurikulum 2013 Pedoman Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Perbukuan.

Noviyanti, N., Haryati, S., & Herdini, H. (2020). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis search, solve, create and share (SSCS) pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1), 8–16.

Nurhayati, Nunung & Wijayanti, R. (2017). BIOLOGI Kelas XI SMA. Bandung: Yrama Widya.

Pichi, S. O., Erviyenni, B. H., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create And Share Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 505–508.

Qothrunnada, A., Wardani, S., Haryani, S., & Wijayati, N. (2023). Chemistry in Education Desain LKPD Model SSCS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal. 12(1), 34–41.

Rahmatika, F., & Alimah, S. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Journal of Biology Education, 3(3).

Rahmawati, N. T., Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran

SSCS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).

Rakhmawati, S., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156–164.

Ramadhani, W. P., & Mahardika, I. K. (2015). Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Seminar NasionaL Fisika dan Pembelajarannya, 85–91.

Sakdiah, S., & Kurniati, K. (2019). Analisis pemanfaatan lks terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di sman 4 Mataram. SOCIETY, 10(1), 18–37.

Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.