PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS

Main Article Content

Gema Safitri
Sumiyati Sa'adah
Epa Paujiah

Abstract

Sebagian besar sekolah melakukan proses pembelajaran dengan model konvensional dimana pembelajran berfokus pada materi saja tidak dikaitkan langsung dengan lingkungan sekitar, sehingga peserta didik tidak dapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X, sedangkan sempel penelitian ini adalah kelas X.9 sebagai kelas kontrol dan X.11 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dapat dihitung dengan menggunakan rumus uji T. Dari hasil penelitian yang diperoleh rata-rata nila posttest yang diperoleh kelas eskperimen yaitu 78,33 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontor yaitu 72,44, dari perhitungan thitung 2,486 dengan ttabel1,667 maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alpansyah & Abdul, T. H. (2021) Kuasi Eksperiment Teori dan Penerapan Dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Amry, Urwati Wusqo, dkk. (2017). Analisis Mikroskopi Asam Basa Pada Pembelajaran Konvensional Dan Dual Situated Learning Model. Jurnal Pendidikan. 2(3). 385-391

Fuady & Ikhsan, (2017). Literasi Informasi Kesehatan: Penyuluhan Informasi Dalam Pencegahan HIV /AIDS Bagi Mahasiswa Di Kawasan Wisata Pangandaran. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6(1). 98-109.

Foster, B. & Joko Suseno. (2029). Teknis Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Duta.

Gufron, N & Rani. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Gozali, Imam. (2017). Pendkatan scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. jurnal Pedagogik. 4(1). 1-13.

Hasanah, dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulet Dalam Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(1). 826-838

Lestari, Mei Indra Jayanti, & Moh Nasar. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sanggar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(4). 1183-1187.

Nurfalah, A, dkk. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Cimahi. Jurnal On Education. 2(1). 167-172.

Nuryanti, & Dwi Wahyu, (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2). 89-106

Sajayanti, N, (2021). Ilmu Pengetahuan Dasar. Bandung: Niacakra.

Sodik, & Ahmad, (2020). Perbedaan Metode Pembelajran Kooperatif tipe Promlem Based learning Dengan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas XII SMK. Jurnal Muara Pendidikan. 5(1). 602-608.

Setyawan, D.A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas Dan Homogenitas Data Dengan SPSS. Klaten: CV. Tahta Media

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syakur, A, (2020). The Effect Project Based Learning Contining Learning Inovation On Learning Outcomes of English in Higher Education. (BirEL) Jurnal. 3(1). 625-630.

Widiyarta, I. Putu, (2017). Efektivitas Collaborative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksa. 7(2). 204- 213.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Tasik: Klik Media