KORELASI GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI STRUKTUR JARINGAN

Main Article Content

Julya Julya
R. Ading Pramadi
Ukit

Abstract

Gaya belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, setiap siswa memiliki gaya belajarnya masing-masing baik siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar, hasil belajar, dan hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran daring pada materi struktur jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas XI SMAN 1 Indramayu Lohbener rata-rata menggunakan gaya belajar Auditorial sebanyak 34 siswa dengan presentasi 45%. Berdasarkan jenis kelamin, siswa laki-laki menggunakan gaya belajar visual dengan jumlah sebanyak 10 siswa sedangkan siswa perempuan menggunakan gaya belajar auditori dengan jumlah sebanyak 28 siswa. Hasil belajar siswa dalam kategori baik sekali sebesar 47%. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai sig. 0,004<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi struktur jaringan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

DePorter, B. dan Mike, H. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Quantum Learning: Unleashing The Genius In You. Bandung: Kaifa

Nugraha, S.A, Laksono, B, Anarsih, R, dan Suswandari, M. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Scalfolding 2 (2)

Nugraha, S.A, Laksono, B, Anarsih, R, dan Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian 1 (3): 265-276 ISSN 2722-9475

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., dan Tayieb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi 6(2):321-328

Pranata, M. (2002). Menyoal Kecocoktidakan Gaya Pembelajaran Desain. Nirmana 4(1):13-23

Santrock, J. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 1 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Sinar. (2018). Metode Active Learning Yogyakarta: CV Budi Utama

Surakhmad, W. 1982. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito

Rustaman, N. et al. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Remaja Rosdakarya