Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Kalkulus Vektor Mahasiswa Pendidikan Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar kalkulus vektor mahasiswa pendidikan matematika salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data nilai kalkulus vektor serta mengumpulkan data dengan cara mengisi angket mengenai self efficacy. Kemudian data diolah menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah terdapat dampak signifikan yang positif antara self efficacy dengan prestasi belajar kalkulus vektor. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan, jadi semakin baik self efficacy maka semakin baik prestasi kalkulus vektor
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Afifah, S. N., & Kusuma, A. B. (2021). Pentingnya Kemampuan Self-Efficacy Matematis Serta Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Daring Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 313–320. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2642
Andrews. (2011). Self esteem rendah. Soins. Psychiatrie, 13(79), 25–31.
Anisa, A., Magfirah, N., & Thahir, R. (2020). Peranan Self Efficacy dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Biodik, 7(2), 63–70. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12824
Cahyo, R. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N 1 Punggelan Banjarnegara. Skripsi, 1–102. http://lib.unnes.ac.id/10709/1/6643.pdf
Hanifah, Waluya, S. B., Asikin, M., & Rochmad. (2020). Analisis Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Dilihat Dari Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 262–267. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/612
Indirwan, I., Suarni, W., & Priyatmo, D. (2021). Pentingnya Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Sublimapsi, 2(1), 61. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i1.13055
Kemampuan_Self_Efficacy_dalam_Pembelajar. (n.d.).
Lestari, S. A., Karim, K., & Sari, A. (2021). Analisis Self Efficacy Matematis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smpn Se-Kota Banjarmasin. Jurmadikta, 1(1), 68–76. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.732
Maulida, F., Alminingtias, N., Soro, S., & Handayani, I. (2018). Hubungan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Man 7 Jakarta. Pendidikan Matematika, 01, 365–371.
Moma, L. (2014). Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 88–89. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n2_3/234
MUSMULIADI, & SAEFUDIN, A. A. (2018). BOKRI 5 Yogyakarta with formulation f. 1–10.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses dan hasil belajar matematika. Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514
Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37
Ramlan. (2013). Meningkatkan self-efficacy pada pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada siswa kelas VII A SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 1(1), 110–112.
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.
Setiawan, T. B., Hobri, & Arsita, P. A. (2017). Profil Self Efficacy dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Jember. Kadikma, 8(2), 61–71. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/6401
Ulpah, M. (2019). Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Agama, 20(1), 110–121. https://doi.org/10.24090/jpa.v20i1.2019.pp110-121
Utari, A., & Senen, S. H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/utility.v2i1.279
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130–143. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228