Organizing, memilih personil, & kurikulum pendidikan dalam perspektif hadits
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurai secara komprehensif persrpektif hadits-hadits organizing, memilih personil, & kurikulum pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), peneliti melakukan tinjauan literatur yang komprehensif pada hadits-hadits terkait organizing, memilih personil, & kurikulum pendidikan. Sumber-sumber literatur yang relevan seperti buku, artikel jurnal, dan riset sebelumnya akan dikumpulkan dan dianalisis. Pengorganisasian merupakan proses membagi kerja ke dalam tugas-tugas kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektifitas pencapaian tujuan organisasi, dalam suatu hadits Rasulullah SAW bersabda Allah mencintai orang yang jika melakukan suatu pekerjaan dilakukan dengan “tepat, terarah dan tuntas”. Dalam aktifitas perekrutan sumber daya islami harus ada acuan kriteria yaitu kejujuran (Shiddiq), dapat dipercaya (Amanah), cerdas (Fathanah) dan mampu berkomunikasi dengan baik (Thabligh). Lima prinsip dalam menyusun kurikulum ialah mata pelajaran ditujukan untuk mendidik ruhani atau hati, berisi tentang tuntunan cara hidup, mengandung ilmiah, bermanfaat secara praktis bagi kehidupan, harus membingkai terhadap materi lainnya
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Ahmad Taufik. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKANISLAM. El-Ghiroh, 17(2), 97–111. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320
Alhaddad, M. R., Saleh, A. S., & US, K. A. (2019). Penempatan Pegawai Di Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 17. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v3i1.1447
Departemen Agama RI. (n.d.). Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Faiqoh, Q. (2023). Penerapan kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA negeri 1 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Diambil dari http://digilib.uinkhas.ac.id/24224/1/SKRIPSI FAIQOH QUDROTILLAH T20171384.pdf
Farida Jaya. (2018). HADIS-HADIS TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Tazkiya:Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–18.
Fathurrohman, M. (2016). PENGORGANISASIAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-HADITS(Kajian Tafsir Tematik). Edukasi, 4(2).
Jaya Yusuf Hadi, Ritonga Asnil Aidah, S. E. (2023). PENGORGANISASIAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. 3(2), 91–105.
Kholis, M. N. (2022). MODEL REKRUTMEN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH DI BMT MASLAHAH CABANG WANGKAL GADING PROBOLINGGO. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Muhammad Syukran, Andi Agustang, Andi Muhammad Idkhan, R. (2022). Konsep Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Perwujudan. Manajemen Sumber Daya Manusia, IX(1), 95–103.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
S, A., H Kara, M., K, A., & Sabri AR, M. (2017). Sistem Rekrutmen Karyawan Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Jurnal Diskursus Islam, 5(2), 384–400. https://doi.org/10.24252/jdi.v5i2.7300
Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
SETIYOSARI, R. (2013). ANALISIS REKRUTMEN TENAGA KERJA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada KJKS BINAMA Tlogosari Semarang). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’ano Title (IV). Jakarta: Lentera Hati.
Sholihah, Z. (2013). ANALISIS SISTEM REKRUTMEN KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI SECARA ISLAM PADA KJKS BINAMA SEMARANG. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.
Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Yunus, H., & Alam, H. V. (2015). Perencanaan pembelajar berbasis kurikulum 2013. Deepublish.
Zaky, M. (2020). Analisis pelaksanaan rekruitmen, seleksi dan penempatan berdasarkan perspektif islamic human capital. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 50–63.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.