PERAN MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMA MUHAMADIYAH 5 RANCAEKEK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan program kerja humas
yang menggunakan kegiatan penyebaran brosur, spanduk, dan poster guna
meningkatkan jumlah siswa di SMA Muhammadiyah 5 Rancaekek. Penelitian
dilaksanakan bulan oktober 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan simple random sampling. Instrumen penelitian melibatkan penggunaan
angket dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program humas SMA
Muhammadiyah 5 Rancaekek memberikan kontribusi signifikan terhadap
peningkatan jumlah siswa. Program ini mencakup penyebaran media iklan sekolah
melalui brosur, pemasangan spanduk, dan pemasangan poster. Hasil penyebaran
brosur menunjukkan efektivitas empati (skor rata-rata 3.45), persuasi (skor rata-rata
3.54), dan dampak (skor rata-rata 3.43), semuanya dalam kategori "efektif."
Pemasangan poster mendapatkan skor empati (3.23) dan persuasi (3.31) dalam
kategori "cukup efektif," sementara dampak (skor rata-rata 3.91) dianggap "efektif."
Dimensi komunikasi pada pemasangan poster mendapatkan skor rata-rata 3.03,
dalam kategori "cukup efektif." Secara keseluruhan, dari ketiga program tersebut,
dimensi penyebaran brosur terbukti menjadi yang paling efektif yang
diimplementasikan oleh humas SMA Muhammadiyah 5 Rancaekek. Namun,
program pemasangan spanduk dan poster masih perlu pengembangan lebih lanjut.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Andhita, P. R., Sos, S., & Kom, M. I. (2021). Komunikasi Visual (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Dirgantoro, S. (2014). Rancang bangun knowledge management system berbasis web pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 46 Jakarta.
Dhuhani, E. M. (2017). Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (Mit) As-Salam Ambon. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 167-189.
Djelantik, S., Indraswari, R., Triwibowo, A., & Apresian, S. R. (2015). Komunikasi internasional dalam era informasi dan perubahan sosial di Indonesia. Research Report-Humanities and Social Science, 2.
Erdi Novia Dhani, N. (2023). Strategi Humas Dalam Membangun Brand Image Sma Muhamadiyah 5 Rancaekekn 1 Tembilahan Sebagai Lembaga Pendidikan Bisnis Tingkat Menengah Yang Unggul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.
Fitriah, M. (2018). Komunikasi pemasaran melalui desain visual. Deepublish.
Grinias, J. P. (2017). Making a Game Out of It: Using Web-Based Competitive Quizzes for Quantitative Analysis Content Review. Journal of Chemical Education, 9(94), 1393–1366. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.7b00311
Indriani, F., Diba, F., Ubaedullah, D., & Pratama, A. I. (2021). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(2), 131-148.
Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam dalam arus globalisasi: Sebuah kajian deskriptif analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 259-278.
Murniati, A. R., & Usman, N. (2009). Implementasi manajemen stratejik dalam pemberdayaan sekolah menengah kejuruan. Perdana Publishing.
Musa, S. H. (2013). Evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja manajer penjualan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal emba: Jurnal riset ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi, 1(4).
Rahmat, A. (2021). Hubungan sekolah dan masyarakat: mengelola partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu sekolah. Zahir Publishing.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Santoso, W. H. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Membangun Karakter Siswa Di Mi Ma’arif Bego Depok Sleman. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 57-75.
Sari, P., & Santosa, H. P. (2022). Strategi Promosi Menarik Minat Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(01).
Setiadi, N. J., & SE, M. (2015). Perilaku Konsumen: edisi revisi. Kencana.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi pengembangan UKM digital dalam menghadapi era pasar bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.
Sholeh, M. (2014). Pelaksanaan program kerja Humas dalam meningkatkan jumlah siswa SMA Muhamadiyah 5 Rancaekek. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29578.
Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran teori dan aplikasinya. Pustaka Abadi.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Prabowo, O. A., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan Visual Branding Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10.
Purnama, S. (2010). Elemen warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran agama Islam. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 2(1).
Wullur, O. (2016). Evaluasi Program Humas Pemerintah Kota Manado Dalam Mewujudkan Manado Kota Model Ekowisata 2015. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).