Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren (Penelitian Pembiayaan Pada Pondok Pesantren Pesantren Al-Huda di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat)

Main Article Content

Moh Sugandi
Zsa Zsa Nur Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar alamiah Pesantren Al-Huda, Cianjur, sumber-sumber  pembiayaan, aktivitas manajemen pembiayaan yang di mulai dari perencanaan biaya, pelaksanaan pembiayaan, dan pertanggungjawaban pembiayaan baik yang diterapkan di pesantren Al-Huda yang berbasis pesantren modern.


Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritik bahwa kegiatan yang ada dalam manajemen pembiayaan meliputi tiga hal, yaitu: penyusunan anggaran atau perencanaan keuangan (budgeting), tahap pelaksanaan keuangan atau pembukuan (accounting), dan tahap penilaian atau evaluasi keuangan (auditing).


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai pengelolaan pembiayaan pesantren. Kemudian penulis menentukan jenis data, sumber data, metode dan teknik pengumpulan data. Selanjutnya dilakukan analisis data, penafsiran data, dan uji absah data. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan di pesantren, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, dan disepakati oleh lembaga yang diteliti, penelitian dilakukan di Pesantren Al-Huda.


Hasil penelitian dari manajemen pembiayaan Pesantren Al-Huda dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan dilkasanakan secara terstruktur dengan adanya bukti laporan tertulis baik kepada pemerintah maupun pihak pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Chairul Ihsan, “5 Masalah Mendasar Dunia Pendidikan”, Academia (Jakarta, 08 Juni 2011), Diakses tanggal 15 Juli 2019.

Devina Halim, “Kasus Korupsi Dana Pendidikan oleh Bupati Cianjur, Ini Fakta-faktanya”, Kompas (Jakarta: 14 Desember 2018), 1.

Irwanto, “Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah”, Perpus Pascasarjana UIN Bandung. (Bandung: UIN Bandung, 2018), 85.

Johannes Manggar, Bahan Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Sekolah, (Indonesia : LPPKS, 2013), 14.

Marthunis, “Gawat Darurat Korupsi Dana Pendidikan”, Media Indonesia (Aceh, 04 Maret 2019), Diakses tanggal 02 Juli 2019.

Matin, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014), 4.

Rusdiana, Manajemen Pembiayaan Pendidikan Filosofi, Konsep, dan Aplikasi (Bandung: UIN SGD Press, 2019), 73-75.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2010), 15.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010), 198.

Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, 231.

Sulthon Masyhud, Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta : Diva Pustaka, 2005), 189.

Tim Dosen administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta,2017), 167.

Wawancara dengan Arif (Pengurus Pondok pesantren), Cianjur, 06 Juli 2019.

Wawancara dengan Bapak Abdul Aziz (Bendahara Pondok Pesantren), 06 Juli 2019.

Wawancara dengan K. Burhan Rosyidi (Pimpinan Pondok Pesantren Al-Huda), Cianjur, 06 Juli 2019.

Wawancara dengan M. Makky (Pengurus Pesantren Al-Huda) Cianjur, 8 Januari 2019.

Wawancara dengan Ustad Muhammad Makky (Kepala sekolah), 06 JUli 2019.