Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Newman
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesalahan yang umumnya terjadi saat siswa menyelesaikan soal cerita matematika mengenai persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 2 Pameungpeuk. Dalam penelitian ini, digunakan kriteria Newman untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang sering muncul. Variasi kesalahan tersebut mencakup kesalahan ketika membaca masalah, kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam mentransformasikan masalah, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kulitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan Cross Sectional Survei dan dipilih subjek penelitian sebanyak 32 siswa dalam satu kelas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kriteria Newman yang mendapatkan kategori tinggi adalah pada kesalahan mentransformasi masalah yaitu sebesar 41,51% dengan kesalahan yang dilakukan oleh 22 siswa dari 32 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan garis lurus
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Adiyanti, C. A., & Noor, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. Sesiomadika.
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Asrawati, N., & Sulaiman, U. K. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning dengan Metode Konvensional dalam Pembelajaran Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education.
Devita, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran konvensional dan role playing terhadap hasil belajar siswa ips mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Jambi.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Flagg, V. L. (2014). Newman ’ S Error Analysis And Mathematical Language : Diagnosing Mathematical Errors On Word Problems by A Dissertation Submitted to the Faculty in Curriculum and Instruction Program at Mercer University.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748
Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 957–964. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.957-964
Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2013). Website Permainan Matematika Online Untuk Belajar Matematika Secara Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.332.
Rachmawati, T.K, Kusnadi, F. N & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Supremum Journal of Mathematics Education, 5(2), 170-178. DOI: 10.35706/sjme.v5i2.5140
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Ratna Windianti Utami, Bakti Toni Endaryanto, T. D. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282
Susanah. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka, 2–44. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-M1.pdf