Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teori Grup Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika
Main Article Content
Abstract
Efikasi diri merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi prestasi belajar. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa guru sering meremehkan pentingnya self-efficacy, yang menyebabkan aspek afektif ini kurang mendapat perhatian. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk: menguji hubungan self-efficacy dengan hasil belajar pada mata kuliah teori grup mahasiswa salah satu prodi pendidikan matematika di kota Bandung, dan mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar mata kuliah teori grup mahasiswa pendidikan matematika. Uji regresi langsung digunakan sebagai uji statistik. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar teori grup. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teori grup. Hasil belajar matematika juga memiliki hubungan yang substansial dan positif dengan self-efficacy, yang memberikan kontribusi sebesar 63,1% dari total, dengan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini terhitung sebesar 36,9%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.