Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan garis Lurus Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Kriteria Newman
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesalahan yang umumnya terjadi saat siswa menyelesaikan soal cerita matematika mengenai persamaan garis lurus di kelas VIII salah satu SMP di Kabupaten Garut. Dalam penelitian ini, digunakan kriteria Newman untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang sering muncul. Variasi kesalahan tersebut mencakup kesalahan ketika membaca masalah, kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam mentransformasikan masalah, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhirnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan Cross Sectional Survei dan dipilih subjek penelitian sebanyak 32 siswa dalam satu kelas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kriteria Newman yang mendapatkan kategori tinggi adalah pada kesalahan mentransformasi masalah yaitu sebesar dengan kesalahan yang dilakukan oleh 22 siswa dari 32 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan kemampuan pemahamman konsep dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan garis lurus
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.