TEORI ETIKA BISNIS UTILITARIANISME DAN PENERAPANNYA DALAM PRAKTIK BISNIS
Main Article Content
Abstract
Etika memiliki peran penting dalam kehidupan setiap manusia, terutama dalam kegiatan berbisnis yang mana dalam suatu bisnis akan selalu ada permasalahan yang timbul dari dalam perusahaan, maka diperlukan suatu pedoman etika yang etis yang diterapkan sebagai suatu tanggung jawab sosial suatu bisnis. Menurut teori Utilitarianisme, bisnis adalah kegiatan yang etis apabila dalam prosesnya mampu memberikan manfaat sebesar besarnya kepada pelanggan juga masyarakat umum. Oleh sebab itu penelitian ini terpaku mengenai bagaimana penerapan suatu etika bisnis berdasarkan teori utilitarianisme dalam suatu praktik bisnis. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur. Pada penerapannya dallam bisnis teori utilitarianisme digunakan sebagai suatu pertimbangan pada pemilihan keputusan serta sebagai poin evaluasi dari tindakan yang dilakukan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Anak Agung, Etika Bisnis Perspektif Teori dan Praktis (Bali : Cv. Noah Aletheia, 2020)Eka diah, Buku Panduan Penyusunan Studi Literatur, (Mojokerto, 2015)
“Etika Bisnis Menurut Para Ahli” map.uma.ac.id, Oktober 15, 2021, https://map.uma.ac.id/2021/10/etika-bisnis-menurut-parah-ahli/
Lili Marliyah, “Hakikat Teori dalam Riset Sosial” 2 (1) (2021) 30 - 37, https://e- journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/download/1691/1375/#:~:text=Menurut
%20beberapa%20ahli%20Snelbecker%20dalam,proporsi%20satu%20dengan%2 0yang%20lain
Thomas Santoso, Etika Bisnis, (Surabaya : Cv. Saga Jawadwipa Pustaka Saga, 2022)