PERAN ETIKA BISNIS TERINTEGRASI SEBAGAI PERWUJUDAN DARI DINAMISASI DAN DIFERENSIASI WAKTU

Main Article Content

Hilda Yuliani
Ika Sartika

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis filosofis peran etika bisnis dalam aplikasi bisnis. Metode yang dilakukan yaitu filsafat fenomenologi. Tujuan mempelajari etika adalah berpikir kritis mengenai benar dan salahnya tindakan manusia, atau baik buruknya tindakan manusia. Nilai etika pada proses pengambilan keputusan bisnis contohnya saling menguntungkan, sejahtera, keadilan, HAM dan perlindungan lingkungan. Kode etik yang menjamin nilai-nilai etika dituangkan dalam instrumen hukum seperti perintah dan larangan undang-undang, kode etik dan peraturan asosiasi industri. Adapun keputusan yang diperoleh akan diserahkan kepada hati nurani yang terkait. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemikiran etis bukanlah tentang kepentingan perusahaan dan kepentingan pribadi untuk kepentingan orang lain. Namun tentang suatu solusi dan penanganan masalah pada situasi tertentu, sehingga dapat dibenarkan secara etis bagi semua pihak yang terlibat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

D, A. D. (2017). Perbedaan Persepsi Tentang Etika Bisnis Pada Mahasiswa . Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 206.

M., D. A. (2020). Etika Bisnis Perspektif Teori dan Praktis . Bali: CV. Noah Alatheia. Santoso, P. D. (2022). Etika Bisnis. Surabaya: CV. Saga Jawadwipa Pustaka Saga .