PERANAN ETIKA BISNIS DALAM PERUSAHAAN BISNIS

Main Article Content

Jum’atia
Misa Milata Anjana

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memberi tahu pembaca tentang pentingnya etika bisnis dalam organisasi bisnis. penelitian ini dikonsentrasikan pada pemanfaatan teknik pencarian kepustakaan yaitu menyiratkan peninjauan berdasarkan sentimen yang baik sehubungan dengan etika bisnis dan etika kerja bisnis dalam sebuah organisasi. Etika bisnis memainkan peran penting dalam semua sudut pandang. Bekerja sama untuk saling menjaga kepercayaan satu sama lain, berdampak pada kedudukan organisasi, baik dalam lingkupnya finansial dan berskala besar. Menyatukan perwakilan, pembeli, penyedia, pendukung keuangan, dan masyarakat secara keseluruhan sikap beretika dan adil adalah cara terbaik untuk bertahan dalam dunia bisnis saat ini. Meskipun tidak menghasilkan keuntungan dengan cepat, namun hal ini menunjukkan semacam spekulasi jangka panjang berkaitan dengan semua bagian dari lingkaran bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anoraga, Pandji. Janti, Sugiastuti. (1996). Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. PT. Dunia Pustaka Jaya, Jakarta.

Bekum Rafik Issa, (2004). Etika Bisnis Islami (Terjemahan Muhammad). Pustaka Belajar, Yokyakarta.

Butarbutar, Bosman. 2019. “PERANAN ETIKA BISNIS DALAM BISNIS” 1.

https://doi.org/10.31933/JIMT.

Chaniago, Harmon. 2013. Manajemen Kantor Kontemporer. Bandung: Akbar. Limas Perkasa Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. (n.d.).

Retrieved July 7, 2021, from https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awalmaret- ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Ernawan, E. R. (2011). Business Ethics (Bandung: Alfabeta). 9. Fahmi, Irham. (2014).Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Alfabeta.

Ferrell, O. C, John. Fraedrich and Linda. Ferrell. 2017. Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases. Boston, MA, Cengage Learning

Hasoloan, Aswand. 2018. "Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis." Jurnal Warta Edisi57

Hanafi, Mamduh M. 2003. Manajemen. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perushaan YKKL.

Gustina. 2008. Artikel “Etika Bisnis Suatu Kajian Nilai dan Moral dalam Bisnis”. Jurnal

Ekonomi dan Bisnis. Volume 3 No 8.

Gupta, Seema. 2010. “A Multidimensional Ethics Scale for Indian Managers' Moral Decision Making” dalam Electronic Journal of Business Ethics and Organization Studies Vol.15, No.1. Tersedia: http://ejbo.jyu.fi/pdf/ejbo_vol15_no1.pdf. (19 Desember 2014)

K. Bertens, Pengantar Etika Bisnis, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 2000.

Klaudia, Sura, Septy Yondaningtiyastuti, Ebi Aisa Fitriananda, Kesuma Stie, Indonesia Negara, and Klaudia@stieken Ac Id. n.d. “Pengaruh Etika Bisnis Dalam Kegiatan Berwirausaha Di Era Pandemi Covid-19.” Maret 2022. Vol. 20. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/kompartemen/.

Madura Jeff, (2001).Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta. Sahetapy, Wilma Laura. 2017. “ETIKA BISNIS DALAM E-COMMERCE.” Vol. 2.

Sukirno Sadono. (2010). Makroekonomi : Teori Pengantar.Edisi Ketiga. PT. Raja Grasindo Perseda. Jakarta

Sinuor Yosephus.(2010). Etika Bisnis: Pendekatan Filsafat Moral Terhadap. Perilaku Pebinis,Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Von der Embse dan R.A. Wagley, (1988), Managerial Ethics Hard Decisions on Soft Criteria.

Advance Managemen Journal,

Yusanto M.I dan M.K. Widjajakusuma. 2002. Menggagas Bisnis Islami Gema Insani, Jakarta.