DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP ETIKA BISNIS DALAM DIRI REMAJA
Main Article Content
Abstract
Penggunaan TikTok oleh remaja dalam era digital memiliki dampak terhadap etika bisnis dalam diri mereka. Fenomena ini menarik perhatian karena etika bisnis memainkan peran penting dalam nilai dan perilaku individu di dunia bisnis yang kompleks. Dalam konteks ini, dengan menggunakan teori kegunaan akan dianalisis dampak positif dan negatif penggunaan TikTok terhadap etika bisnis remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana TikTok mempengaruhi pemahaman remaja tentang praktik bisnis yang etis, serta menyoroti implikasi sosial dan moral dari penggunaan aplikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data-data yang dihasilkan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para pelaku pendidikan, orang tua, dan pengambil keputusan dalam memahami peran TikTok dalam membentuk etika bisnis remaja.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arif Yusuf Hamali. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. 2016. Jakarta. Prenadamedia Group. Hlm 195.
Alhabash, S., & Ma, M. (2017). A tale of four platforms: Motivations and uses of Facebook, Twitter, Instagram, and Snapchat among college students? SocialMedia+Society,3(1), 2056305117691544.
Crane, A., Matten, D., Glozer, S., & Spence, L. J. (2019). Business ethics: Managing corporate citizenship and sustainability in the age of globalization. Oxford University Press.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Legris, P., Ingham, J., & Collerette, P. (2003). Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance model. Information & Management, 40(3), 191-204.
Wang, Y. S., & Shih, Y. W. (2009). Why do people use mobile social networks? An empirical study integrating network externalities and motivation theory. Computers in Human Behavior, 25(2), 578-586.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly, 27(3), 425-478.